Beranda Pilkada Serentak 2018 1.353 Set Logistik Pilgub di Sukoharjo Siap Didistribusikan

1.353 Set Logistik Pilgub di Sukoharjo Siap Didistribusikan

BERBAGI
Komisioner Panwaskab Sukoharjo, Eko Budiyanto, menunjukkan contoh kartu suara huruf braille untuk tuna netra. (Ade Ujianingsih/Jatengpos)

JATENGPOS.CO.ID, SUKOHARJO –Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo memastikan seluruh logistik untuk Pemilihan Gubernur (pilgub) di Sukoharjo aman dan lengkap. Hal tersebut terpantau dalam penyortiran dan pengecekan kelengkapan alat pilgub untuk seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo, Rabu (6/6).

“Kita melakukan pengecekan sebagai persiapan logistik menjelang pelaksanaan Pilgub Jateng 2018 pada 27 Juni mendatang. Dari hasil pengecekan tidak ditemukan adanya kerusakan dari logistik yang sudah tersedia.”kata Komisioner KPU Sukoharjo Divisi Logistik Nuril Huda, Rabu (6/6).

Kelengkapan logistik yang diperiksa meliputi kotak dan bilik suara yang hingga saat ini belum bisa dipastikan waktu pendistribusian ke TPS di Kabupaten Sukoharjo. Di dalam kotak suara terdapat surat suara, tinta, alat coblos, alat bantu tunanetra dan kelengkapan lainnya. Dan siap didistribusikan ke 1315 TPS yang tersebar di 167 desa/Kelurahan se Kabupaten Sukoharjo.

Sementara untuk surat suara, kebutuhan surat suara sebanyak 669.754 lembar sesuai dengan data daftar pemilih tetap (DPT). Dalam proses penyortiran sebelumnya, ada kekurangan dan kerusakan sebanyak 1.025 lembar. Saat ini masih menunggu penggantian surat suara rusak.

“Semua kelengkapan sudah terpenuhi, kurang surat suara. Masih menunggu kiriman surat suara yang rusak kemarin,” tandas Nuril.

Proses pengecekan logistic pemilu juga melibatkan divisi logistic masing masing PPK, dengan diawasi oleh Panwaskab Sukoharjo.

“Saat kita cek tadi, tidak ada kerusakan. Semua sudah siap digunakan dan bisa didistribusikan ke masing-masing wilayah,” ungkap Eko Budiyanto, komisioner Panwaskab yang ikut melakukan pengawasan dalam proses pengecekan akhir logistic.  (hfd/dea)

BERBAGI