Beranda Headline 10 Kandidat Komisi Informasi Jalani Uji Kepatutan dan Kelayakan

10 Kandidat Komisi Informasi Jalani Uji Kepatutan dan Kelayakan

10
BERBAGI

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Sebanyak 10 kandidat mengikuti uji kepatutan dan kelayakan sebagai anggota Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah masa jabatan 2018-2022 yang dilakukan Komisi A DPRD Jateng di Semarang, Jumat.

Para kandidat yang mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di ruang rapat yang dipimpin Wakil Ketua Komisi A DPRD Jateng Fuad Hidayat itu, adalah Handoko Agung, Sosiawan, Zainal Abidin Petir, Slamet Hariyanto, Ermy Sri Ardhyanti, Sri Sularsih, Yusuf Suramto, Wijaya, Widi Heriyanto, serta Thontowi Jauhari.

Sebanyak tiga di antara 10 calon komisioner tersebut, yaitu Handoko Agung, Sosiawan, dan Zainal Abidin Petir merupakan petahana.

Handoko Agung yang ditemui di sela pelaksanaan uji kepatutan dan kelayakan, mengaku tertarik maju kembali sebagai anggota Komisi Informasi Provinsi Jateng karena menggeluti bidang keterbukaan informasi publik itu menarik serta banyak tantangannya.

“Pada periode kedua saya ingin memperkuat dan meningkatkan apa yang telah dilakukan periode pertama, yakni mendorong ‘open data’ keterbukaan informasi publik di pemerintah desa dan Badan Usaha Milik Daerah,” katanya.

Ia menyebutkan secara umum keterbukaan informasi publik di Jateng bisa dilihat dari dua indikator, yaitu indikator nasional, di mana Pemprov Jateng menduduki peringkat kedua secara nasional dan secara substansi boleh dibilang Pemprov Jateng sudah baik dalam menyampaijan informasi wajib berkala kepada masyarakat.

“Yang menjadi catatan adalah berkaitan dengan penyediaan informasi yang dikategorikan informasi tersedia setiap saat, ini yang masih harus digali, termasuk apa yang harus dikecualikan,” ujarnya.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Jateng Fuad Hidayat menyebutkan bahwa uji kepatutan dan kelayakan itu tahapan terakhir yang ditempuh oleh para kandidat.

Dia mengharapkan melalui uji kepatutan dan kelayakan dapat terpilih anggota Komisi Informasi Provinsi Jateng yang mempunyai kemampuan intelektual dan berorganisasi dalam mendorong seluruh badan publik lebih terbuka serta transparan dalam menyampaikan informasi publik.

“Nantinya, akan dipilih lima kandidat terbaik yang akan diusulkan oleh DPRD Jateng kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo untuk dilantik sebagai anggota Komisi Informasi Provinsi Jateng periode 2018-2022,” katanya.(udi)

BERBAGI