Beranda Jateng Pantura Timur 15  Kandidat Siap Mengisi JPT Pati

15  Kandidat Siap Mengisi JPT Pati

92
BERBAGI
Bupati Haryanto (kanan) menerima hasil pengumuman nama kandidat untuk mengisi JPT Pratama Pati dari Ketua Pansel Suharyono. FOTO: HUMAS SETDA PATI/JATENGPOS.CO.ID

JATENGPOS.CO.ID, PATI – Perjalanan panjang dalam seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Kabupaten Pati 2017 usai sudah. Panitia seleksi (Pansel) akhirnya mengumumkan sejumlah nama kandidat, yang menempati tiga besar dalam seleksi JPT tersebut.

Dalam pengumuman resmi yang dikeluarkan Selasa (12/12) oleh Pansel Terbuka itu, hanya tercantum 15 nama yang dianggap lulus.

Sebanyak 15 nama peserta yang dinyatakan lulus, merupakan tiga kandidat terbaik dalam formasi Kepala DPUTR, Kepala Satpol PP, Kepala DPMPTSP, Kepala Dinkominfo dan Kepala Dinas Arpusda.

“Nama-nama ini selanjutnya kami serahkan kepada Bupati Pati selaku pejabat Pembina kepegawaian Kabupaten Pati Senin (11/12)”, ujar Ketua Pansel JPT Pati Suharyono.

Hasil akhir tersebut diperoleh tim Pansel, setelah dilakukan seleksi administrasi, assessment test, penulisan makalah, presentasi, wawancara, penelusuran rekam jejak serta tes kesehatan dan kejiwaan terhadap para 31 peserta.

Menurut Suharyono, Bupati Pati memiliki tiga pilihan nama untuk diambil satu nama yang akan menjadi kepala OPD sesuai formasi. “Namun sesuai UU ASN, Bupati akan mengirimkan rekomendasi pada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN),” paparnya.

Sementara itu, Bupati Pati Haryanto menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja pansel dalam proses seleksi JPT itu. Bahkan ia mengacungi jempol atas komitmen para anggota seleksi yang tidak dapat diintervesi oleh pihak manapun.

“Hasil seleksi ini telah melalui prosedur yang sesuai ketentuan. Untuk itu, saya berterima kasih pada Pak Sekda dan anggota pansel yang lain atas kerja kerasnya dalam seluruh tahapan seleksi ini,” imbuh Bupati Haryanto.

Sesuai UU ASN, Bupati Haryanto akan segera mengirimkan hasil rekomendasi kepada KASN dalam tempo kurang dari satu bulan. Untuk penetapan Kepala OPD, bupati akan melantik posisi JPT usai mendapatkan balasan dari KASN.

“Mengenai pelantikan akan dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Karena kebutuhan OPD juga membutuhkan pimpinan definitif,” tandasnya.(mel/rif)