Beranda Jateng 20 Etnis Meriahkan Pawai Budaya di Salatiga

20 Etnis Meriahkan Pawai Budaya di Salatiga

BERBAGI
Penampilan budaya dari Bali yang ikut memeriahkan Pawai Budaya UKSW di jalanan Kota Salatiga. foto : dekan bawono/jateng pos

JATENGPOS.CO.ID. SALATIGA- Barisan mahasiswa dari 20 etnis di Indonesia dalam balutan pakaian adat memeriahkan pawai budaya dalam rangka kegiatan Indonesian International Culture Festival (IICF) 2018, Sabtu (14/4).

Pawai dibuka oleh Walikota Salatiga Yuliyanto didampingi Rektor Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Neil Semuel Rupidara dan Pembantu Rektor III UKSW Andeka Rocky Tanaama.

Walikota Salatiga dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasinya dengan diselenggarakannya pawai budaya tahun ini. “Apresiasi yang tinggi atas diadakannya acara ini, yang sudah berlangsung rutin selama bertahun-tahun. Kirab budaya ini sekaligus sebagai potret Salatiga sebagai Indonesia mini,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor UKSW dalam mengungkapkan bahwa dari kegiatan ini tergambar realitas budaya Indonesia dan juga kekayaan alam Indonesia lewat replika fauna khas masing-masing etnis yang diarak dalam pawai.

“Lewat rangkaian IICF ini semoga dapat mendorong rasa ingin tahu akan keberagaman budaya Indonesia, rasa saling menghargai dan akhirnya tercipta kebersamaan yang utuh,” kata Neil Semuel Rupidara.

Seperti tahun- tahun sebelumnya, penampilan masing-msing etnis di bundaran Kaloka menjadi yang ditunggu masyarakat. Masyarakat mulai anak-anak sampai warga dewasa nampak memadati lokasi kirab.

Susanto, warga Karangalit Salatiga nampak menikmati gelaran Pawai Budaya hari ini. “Pawainya menarik, kita bisa belajar budaya Indonesia. Tidak perlu jauh-jauhlah, kita bisa langsung lihat dari mahasiswa UKSW, “ kata Susanto yang menyaksikan pawai bersama keluarga. (deb/sgt/muz)

BERBAGI