Beranda Jateng 3.105 Pemudik Balik ke Jakarta Gratis dari Tirtonadi

3.105 Pemudik Balik ke Jakarta Gratis dari Tirtonadi

BERBAGI
enumpang bus melambaikan tangan kepada keluarga saat pemberangkatan balik pemudik gratis 2018 Kementerian Perhubungan di Terminal Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah, Jumat (22/6) (foto: Antara)

JATENGPOS.CO.ID, SOLO – Sebanyak 3.105 penumpang program mudik gratis Kementerian Perhubungan diberangkatkan dengan 69 unit bus dari Terminal Tirtonadi, Solo, Jateng, menuju Jakarta, Jumat.

Pemberangkatan armada bus program mudik gratis tersebut dilakukan Kepala Subdit Angkutan Barang Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Deny Kusdiana bersama jajarannya didamipingi Kasat Lantas Polres Kota Surakarta Kompol Imam Safii di Terminal Tipe A Tirtonadi Solo.

Deny Kusdiana mengatakan program mudik gratis Kemenhub khusus Jateng dan DIY dilaksanakan secara serentak di empat titik yakni Kota Solo, Semarang, Purwokerto (Jateng) dan Yogyakarta. Totalnya ada sebanyak 162 unit armada bus untuk Jateng dan DIY.

Khusus program mudik gartis yang diberangkatkan dari Terminal Tirtonadi Solo, ada sebanyak 3.105 orang dengan 69 unit armada bus menuju ke Jakarta.

Deny mengatakan untuk kuota Jateng-DIY sebanyak 162 unit bus tersebut sekitar 15 persen dari seluruhnya sebanyak 1.309 unit armada bus program mudik gratis Kemenhub pada 2018.

Program mudik gratis juga dilakukan dengan tiga kapal penyeberangan yakni di Semarang, Lampung, dan Surabaya. Ketiga kapal itu, masing-masing kapasitas 500 sepeda motor dan 1.000 penumpang.

Deny juga mengatakan untuk mudik gratis di Solo, jumlah sepeda motornya sebanyak 492 unit dan sudah diangkut dengan 12 truk ke Jakarta, sejak Rabu (20/6) hingga Kamis (21/6).

“Jumlah program mudik gratis Kemenhub tahun ini mengalami peningkatan dibanding sebelumnya. Peningkatan kuota mencapai 87 persen dibanding tahun sebelumnya,” katanya.

BERBAGI