JATENGPOS.CO.ID, DEMAK – Sampai saat ini lebih dari 42 ribu kepala keluarga di Demak masih ada yang buang air besar di sembarang tempat. Salah satunya di sungai. “Disepanjang sungai yang membentang dari Kecamatan Sayung hingga Karanganyar, kita masih bisa menemukan orang buang air besar. Inilah yang menyebabkan image Kota Wali menjadi buruk,” demikian dijelaskan Kepala Bagian Kesra Setda Anang Badrul kamal, saat silaturahmi dan roadshow Forum Komunikasi Ulama Umaro (FKUU) Kabupaten Demak ke Pondok Pesantren kemarin.

Anang yang mewakili Bupati Demak mengajak para alim ulama untuk dapat menjadi pelopor masyarakat, utamanya dalam menjadikan Demak Bebas Buang Air Besar (BAB) sembarangan serta menggalakkan gerakan “sedekah jamban”, yakni dengan mengajak masyarakat untuk bersedekah dan membangunkan jamban bagi masyarakat yang belum memiliki jamban.

“Jika hal ini dapat kita lakukan, saya yakin image Kota Wali sebagai jamban terpanjang dapat segera kita ubah,” ujarnya.

Silaturahmi dan roadshow FKUU dan monitoring hasil pembangunan ini sendiri diikuti ulama dari tujuh kecamatan di wilayah utara (Bonang, Wedung, Mijen, Gajah, Karanganyar, Wonosalam dan Demak) mengambil start dari Pendopo Kabupaten kemudian ke Jogoloyo, Wonosalam, Tlogodowo, Doreng, Tlogosih, Mintreng, Karangawen, Mranggen dan singgah di Pondok Pesantren Al Ghozali Kebonbatur, Mranggen asuhan KH. Ahmad Zaini Mawardi,  Selasa (14/11).

Ditambahkan olehnya bahwa Pemkab selalu berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya adalah dengan perbaikan infrastruktur fisik dan non fisik. Hingga akhir Oktober 2017, lebih dari 95% jalan di Kabupaten Demak dalam kondisi baik.

“Dengan kondisi infrastruktur yang memadai, para petani tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk mengangkut hasil panennya. Demikian pula dengan masyarakat lain. Para pedagang mampu menekan biaya produksi, sehingga harga jual relatif terjangkau,” terang Anang.

Sementara KH. Ahmad Zaini Mawardi selaku pengasuh yayasan Al Ghozali menyambut baik atas kunjungan ulama umaro dan Kepala OPD serta menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Demak yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Ia juga berharap semoga dalam kegiatan ini mendapatkan hasil musyawarah dan mendapatkan hal yang positif serta membawa keberkahan. (adi/mg8)