Beranda Politik 53 Balon Jalani Fit and Proper Test di PDIP, Empat Diantaranya Petahana

53 Balon Jalani Fit and Proper Test di PDIP, Empat Diantaranya Petahana

305
Bupati Magelang, Zaenal Arifin, mengikuti fit and proper test di kantor DPD PDIP Jateng, Jl.Brigjen Katamso, Semarang, Senin (11/12).

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Sebanyak 53 pendaftar bakal calon kepala daerah di Jateng dari PDIP Senin (11/12) menjalani fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan). Ada 7 daerah yang akan menggelar Pilkada Serentak 2018.

Fit and proper test digelar di kantor DPD PDIP Jateng, Jalan Brigjen Katamso, Semarang. Masing-masing nama dipanggil satu persatu untuk memasuki ruangan yang sudah disiapkan di lanti satu dan dua.

Sekertaris DPD PDIP Jateng, Bambang Kusriyanto, mengatakan ada 53 bakal calon yang hari ini mengikuti uji kepatutan dan kelayakan termasuk petahana dan pendaftar baru.

“Total 53 yang dites. Banyumas paling banyak, ada 13 orang, incumbent ikut maju,” kata Bambang Kusriyanto di kantor DPD PDIP Jateng, Senin (11/12).

Ada 4 orang petahana yang akan mengikuti Pilkada di 7 daerah yaitu Bupati dan Wakil Bupati Banyumas yaitu Ahmad Husein dan Budhi Setiawan. Namun keduanya mendaftar bukan sebagai pasangan, namun sama-sama sebagai bakal calon bupati Banyumas.

“Maju bupati semua, tapi rekomendasinya belum tentu,” tandas Bambang.

Petahana lainnya yaitu Bupati Magelang Zaenal Arifin, kemudian Bupati Temanggung Bambang Sukarno. Baik petahana maupun tidak, lanjut Bambang, mereka dites terkait persiapan mereka maju Pilkada.

“Ada non kader jumlahnya 7 orang,” tegasnya.

Seluruh rangkaian tes akan diselesaikan hari ini dan hasilnya akan dikirim ke DPP PDIP di Jakarta. Menurut Bambang jumlah 53 orang itu bisa bertambah jika ada yang mendaftar lewat DPP.

“Prosesnya ini nanti haPDIP Jatengsilnya dikirim ke DPP, yang memutuskan di sana,” tutup Bambang.

Untuk diketahui, tahun depan Jawa Tengah akan menggelar Pilkada Serentak di 7 wilayah yaitu Kabupaten Banyumas, Temanggung, Kudus, Karanganyar, Tegal, Kabupaten Magelang, dan Kota Tegal. Selain itu ada juga pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah.(udi)