Beranda Jateng 8.212 Mahasiswa Baru UMS Diwejang Din Syamsuddin

8.212 Mahasiswa Baru UMS Diwejang Din Syamsuddin

122
MASA TAARUF: Grand Opening Masta (Masa Taaruf) Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Surakarta.
MASA TAARUF: Grand Opening Masta (Masa Taaruf) Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Surakarta.

JATENGPOS.CO.ID, SUKOHARJO – Dihadapan 8.212 mahasiswa baru (maru) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Din Syamsuddin mantan Ketua PP Muhammadiyah berpesan agar mahasiswa memanfaatkan masa perkuliahan dengan aktif berorganisasi.

“Organisasi sebagai cara belajar menjadi pemimpin, berwawasan dan berkemajuan yang menjadi bekal di masyarakat,” kata Din saat menyampaikan orasi dalam Grand Opening Masta UMS 2019 yang digelar di lapangan Kampus II UMS, Kartasura, Sukoharjo, Rabu (14/8).

Din menyampaikan bahwa sejak kuliah di UIN Syarif Hidayatullah ia bergabung di Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM). Ia memperkenalkan IMM yang merupakan organisasi kemahasiswaan resmi Muhammadiyah yang diakuinya telah mengantarkannya menjadi seperti saat ini. Din juga memaparkan bagaimana keunggulan Muhammadiyah sebagai salah satu organisasi yang sudah mendunia.

Sebuah organisasi besar yang membutuhkan generasi penerus untuk terus mengembangkan Muhammadiyah dengan visi Islam yang berkemajuan. Di UMS ada 114 UKM baik tingkat universitas maupun fakultas, jadi ada banyak bidang minat bakat yang bisa dipilih mahasiswa. Rektor UMS Prof dr Sofyan Anif mengatakan bahwa mahasiswa UMS patut bangga dan terus mengembangkan diri untuk berprestasi, karena mereka berada di salah satu Universitas terbaik di Indonesia.

“UMS mengedepankan wacana keilmuan untuk Islam yang berkemajuan.” tandas Rektor.

Pada kesempatan yang sama, Rektor menyampaikan bahwa saat ini UMS masuk 5 besar kategori Perguruan Tinggi Islam di dunia versi UniRank dan 10 besar PTN/PTS di dunia versi UniRank dari 300 universitas yang dijaring.

“Salah satu kriteria rangking adalah keberadaan mahasiswa asing. Di UMS ada 276 mahasiswa asing dari berbagai negara,” kata Prof Sofyan.

Peringkat ke lima ini menempatkan UMS dibawah Al Azhar University Kairo Mesir dan diatas Internasional Afrika University. (dea/bis/muz)