Beranda Travelling Ada 10 Destinasi Keren di Temanggung, Mampir Yuk!

Ada 10 Destinasi Keren di Temanggung, Mampir Yuk!

169
Ada 10 Destinasi Keren di Temanggung, Mampir Yuk!
Ada 10 Destinasi Keren di Temanggung, Mampir Yuk!

JATENGPOS.CO.ID, TEMANGGUNG – Destinasi Temanggung sangat recommended. Spot wisata peninggalan sejarah, panorama alam nan eksotis dan udara yang sejuk, ada semua. Cocok untuk persinggahan pemudik jalur Semarang- Yogyakarta.

Posisi Temanggung ada di sebelah utara Magelang. Letaknya di atas ketinggian. Di sana, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, bisa terlihat.

“Temanggung punya sejuta pesona alam yang menakjubkan. Kotanya menawarkan empat gunung dalam satu area. Sangat recommended sebagai #PesonaMudik2019,” tutur Menpar, Arief Yahya, Jumat (17/5).

Lantas, destinasi mana saja yang bisa dikunjungi di Temanggung? Berikut 10 destinasi yang bisa kalian jadikan rekomendasi

1. Monumen Meteorit Wonotirto

Monumen Meteorit adalah obyek wisata sejarah di Temanggung. Monumennya dibuat berdasarkan replika pecahan meteorit yang jatuh. Dikelilingi anak tangga, monumen yang berwarna sedikit perak tersebut tegak berdiri.

Di Komplek Monumen Meteorit Wonotirto juga dibuat pondok-pondok kecil. Ada bangku-bangku dan meja taman. Sangat cozy karena slotnya dikelilingi pepohonan rindang. Udara di lokasi monumen terasa sangat sejuk.

2. Situs Purbakala Liyangan

Situs purbakalanya berupa candi. Lokasinya di kawasan permukiman lereng timur Gunung Sundoro. Tepatnya di Dusun Liyangan, Desa Purbasari, Kecamatan Ngadirejo, Temanggung, Jawa Tengah. Situs ini baru ditemukan pada 2008.

Situs ini konon merupakan pusat Kerajaan Mataram Kuno. Luas lahannya 900-an meter persegi.

3. Wana Wisata dan Umbul Jumprit

Ini adalah tempat wisata mata air bersejarah. Lokasinya di Kec. Ngadirejo.Tempat ini menyuguhkan pemandangan pohon-pohon yang rimbun. Tak heran betapa sejuknya udara di Wana wisata dan Umbul Jumprit.

Mata airnya dianggap suci. Sumber mata airnya digunakan untuk upacara adat. Lingkungan yang terjaga baik, menjadi rumah yang nyaman untuk sekoloni kera liar.

4. Bukit Wagir Bawang

Wisata Bukit Wagir di Simpar Temanggung Jawa Tengah, memiliki spot wisata yang sangat menarik. Pesona keindahan sunrise dan sunset dengan latar belakang pegunungan, akan menambah daya tarik Bukit Wagir.

Tempat ini ditunjang dengan berbagai fasilitas. Mulai dari area parkir, tempat makan, toilet dan tempat istirahat, semua ada. Dijamin nyaman jika Anda berkunjung.


5. Bukit Kembang Arum

Objek Wisata alam ini sangat keren. Kita bisa menikmati udara segar pegunungan. Juga menikmati pemandangan super indah.

Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu, bisa dilihat dari gardu pandang. Di puncak bukit akan terlihat panorama kabupaten Kendal.

Sedangkan untuk beristirahat wisatawan disediakan gazebo. Sambil bersantai dapat menikmati keindahan Bukit Kembang Arum.

6. Curug Surodipo

Curug Surodipo atau air terjun Surodipo mempunyai tinggi 120 meter. Dasar sungainya berbatu. Curug Surodipo bukanlah air terjun tunggal, namun Curug Surodipo mempunyai 5 tingkat air terjun.

Curug Surodipo diapit dua tebing terjal. Oleh karena itu, Curug Surodipo seperti tersembunyi di balik dua tembok besar yang kehijau-hijauan.

Udara yang segar serta air yang jernih, menjadi salah satu daya tarik utama dari Curug ini. Bahkan jika datang ke sini saat pagi hari, percikan air yang terkena sinar matahari akan membiaskan warna pelangi yang indah.

7. Mata Air Sidengok

Mata air Sidengok menyimpan sejuta pesona alam yang sejuk. Kandungan air segarnya melimpah. Sangat sejuk.


8. Lembah Posong

Berada di antara apitan dua gunung kembar, Wisata Alam Lembah Posong paling mempesona di Jawa Tengah.

Dataran tinggi yang berada di kaki Gunung Sindoro dan Sumbing ini menyajikan hamparan hijau perkebunan tembakau dan juga kopi. Tak hanya itu, rona sunrise-nya pun sangat memanjakan mata.

Beberapa fasilitas pendukung ada di tempat wisata ini. Seperti musholla, taman kecil, dan beberapa saung di bagian sebelah atas. Sangat pas untuk menjadi agenda liburan Anda.

9. Embung Kledung

Embung Kledung merupakan waduk mini atau kolam raksasa yang dibangun di lereng Gunung Sindoro bagian selatan.

Daya tarik yang ditawarkan objek wisata ini adalah pemandangan waduk mini dengan latar Gunung Sindoro. kita juga bisa melihat keindahan Gunung Sumbing dari kawasan perbukitan.

10.Desa Wisata Gunung Payung

Desa Wisata Gunung Payung berbasis edukasi alam dan budaya. Kita bisa melihat cara bertani kopi,padi dan palawija,. Bisa juga menyimak perawatan ternak, mengenal budaya kenduri,belajar tari kuda lumping, bermain egrang dan permainan tradisional lainnya.

Persona wisata dengan sejuta keindahan alam pegunungan dan suasana pedesaan. Menjadi daya tarik untuk wisatawan berkunjung.(*)