Beranda Semarang Ada Masalah, Bawaslu Jawa Tengah Rekomendasikan 10 Daerah Untuk PSU

Ada Masalah, Bawaslu Jawa Tengah Rekomendasikan 10 Daerah Untuk PSU

146

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Badan Pengawas Pemilu Jawa Tengah merekomendasikan adanya pemungutan suara ulang (PSU) Pemilu 2019 di 10 kabupaten/kota di wilayahnya. Sebabnya, ada sejumlah temuan yang cukup fatal saat penyelenggaraan pencoblosan pada 17 April 2019 kemarin.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Penindakan Bawaslu Jateng, Sri Wahyu Ananingsih, menyatakan tengah menginventarisir data pasti terkait sejumlah TPS di wilayahnya yang direkomendasikan untuk PSU.

“Kita sedang inventarisir PSU di 10 kabupaten dan kota. Sebab, kita temukan indikasi terdapat temuan pemilih yang tidak berhak menggunakan hak pilihnya, itu kejadiannya muncul di Brebes, Boyolali dan Kota Semarang,” kata Ana, Jumat, 19 April 2019.

Selain ketiga daerah itu, PSU ulang juga terindikasi di daerah lain dengan temuan kasus yang berbeda. Namun dirinya belum bisa membeberkan secara gamblang kesepuluh daerah yang akan menggelar PSU, seperti Tegal, Jepara, Kebumen, Kabupaten Magelang, dan TPS TPS lainnya
yang masih dikaji untuk PSU.

Selain indikasi PSU di sejumlah daerah, Bawaslu juga tengah mengusut 27 kasus dugaan politik uang di 15 daerah saat masa tenang kampanye

“1 kasus di Banjarnegara, Kudus 1 kasus, Banyumas 7kasus, Boyolali 2 kasus, Brebes 2kasus, Cilacap 2 kasus, Demak 1 kasus, Kebumen 1 kasus, Kabupaten Pekalongan 1kasus, Purworejo 1 kasus, Salatiga 4 kasus, Kota Tegal 1 kasus, Wonogiri 2 kasus dan Batang 2 kasus”, pungkasnya. (fid/ntan)