Beranda Ekonomi AHM Jaring Ide Bisnis Kreatif Pelajar

AHM Jaring Ide Bisnis Kreatif Pelajar

175
AHM BEST STUDENT : Kegiatan berbagi ilmu yang dilakukan oleh salah satu alumni AHMBS, Apriana Dewi kepada adik-adik tingkat dari SMAN 3 Boyolali guna memotivasi adik-adik tingkatnya untuk menuangkan ide kreatif di bidang wirausaha dalam kompetisi AHMBS 2019 (12/03).
AHM BEST STUDENT : Kegiatan berbagi ilmu yang dilakukan oleh salah satu alumni AHMBS, Apriana Dewi kepada adik-adik tingkat dari SMAN 3 Boyolali guna memotivasi adik-adik tingkatnya untuk menuangkan ide kreatif di bidang wirausaha dalam kompetisi AHMBS 2019 (12/03).

JATENGPOS.CO.ID,SEMARANG – Ajang apresiasi dan kompetisi ide bisnis kreatif anak muda Astra Honda Motor Best Student (AHM BS) 2019 siap digelar lagi di tahun pelaksanaan ke-17. Menuju puncak kegiatan pada Juli, Main Dealer Astra Motor Jateng selaku distributor sepeda motor Honda di Jawa Tengah melakukan sosialisasi kegiatan AHM BS di SMAN 3 Boyolali, Senin (12/03).

Jateng mengundang Apriana Dewi, alumni AHMBS yang telah sukses melahirkan karya kreatifnya, sehingga mampu mewakili Jawa Tengah di tingkat penjurian nasional pada tahun 2013. Sebagai alumni SMAN 3 Boyolali, Apriana yang kini telah lulus dari Telkom University memaparkan kisah menarik kepada adik-adik kelasnya saat mengikuti AHM BS 2013.

Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah memberikan motivasi serta mengajak siswa untuk menuangkan ide kreatif berwirausahanya dalam kompetisi AHM BS. AHM BS 2019 merupakan upaya Honda untuk menghadirkan bibit enterpreneur muda kreatif yang telah merintis dunia usaha di usia sekolah. Tahun ini, kegiatan untuk anak muda ini mengusung tema Creativepreneur Gen Milenial. Pelajar yang mengikuti kompetisi ini akan diuji memaparkan ide dan pengalamannya berwirausaha.

Kriteria yang akan dijadikan barometer penilaian antara lain meliputi tingkat kebaruan ide dan produk, peningkatan kualitas dan kreativitas produk di pasar, dampak bisnis bagi masyarakat, pencapaian bisnis yang tercermin dari penjualan, biaya, serta keuntungan. Selain itu, dinilai juga kemampuan dalam strategi bisnis, analisis pasar, analisis persaingan, dan pengelolaan hubungan pelanggan. Seleksi peserta AHMBS tahun ini semakin ketat.

Penilaian dilakukan secara komprehensif terhadap kemampuan generasi muda yang memiliki minat berwirausaha ini dalam mengelola bisnis mulai dari aspek pemasaran, keuangan, operasional, dan SDM. Mereka pun juga harus mampu menyusun sistematika proposal bisnis secara jelas dan terperinci yang menggambarkan model bisnis kepada para calon investor dalam simulasi bisnis. Ronaldo Widjaja, Region Head Astra Motor Jateng mengungkapkan kompetisi kreatif anak muda seperti AHM BS didukung penuh oleh perusahaan untuk menjadi inspirasi bagi generasi muda Jawa Tengah dalam mengembangkan ide kreatif melalui bisnis yang tumbuh berkesinambungan dan dapat berkontribusi di daerahnya asalnya.

“Generasi milenial butuh wadah untuk mengembangkan ide-ide segar dan kreatifnya sehingga tidak hanya memberikan keuntungan pada dirinya sendiri tapi juga orang-orang di sekelilingnya. Kami mengapresiasi dan mendukung kegiatan positif gen milenial yang ingin terus maju dan mengembangkan potensi yang dimiliki daerah dalam kegiatan creativepreneu, “ tuturnya kemarin. (prapno/mar)