Beranda Ekonomi Akhir Tahun, Permintaan Wisata Meningkat

Akhir Tahun, Permintaan Wisata Meningkat

253
BERBAGI
ASTINDO JATENG : Wakil Ketua Umum DPP Astindo Pusat, Rudiana (kanan), Ketua DPD Astindo Jateng, Dian Dalu (tengah), dan Sekretaris DPD Astindo Jateng, Nathali, usai Pembentukan Kepengurusan DPD Astindo Jawa Tengah, di Gets Hotel Semarang, Kamis (15/11). FOTO : ANING KARINDRA/JATENG POS
ASTINDO JATENG : Wakil Ketua Umum DPP Astindo Pusat, Rudiana (kanan), Ketua DPD Astindo Jateng, Dian Dalu (tengah), dan Sekretaris DPD Astindo Jateng, Nathali, usai Pembentukan Kepengurusan DPD Astindo Jawa Tengah, di Gets Hotel Semarang, Kamis (15/11). FOTO : ANING KARINDRA/JATENG POS

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Bisnis tour and travel pada akhir tahun mengalami lonjakan yang tajam. Bahkan, akhir tahun menjadi masa peak season jasa penjualan tiket transportasi, hotel dan layanan wisata lainnya.

Ketua DPD Asosiasi Travel Agen Indonesia (Astindo) Jawa Tengah, Dian Dalu mengatakan, pada akhir tahun banyak memanfaatkan masa cuti bersama keluarga untuk berwisata ke tempat jauh, bahkan ke luar negeri. Begitupun sebaliknya, kunjungan wisata dari luar negeri ke Indonesia pun banyak.

“Dibandingkan bulan biasa, pada akhir tahun, khususnya di bulan Desember, pemesanan tiket maupun hotel bisa naik 100 persen,” katanya, disela Pembentukan Kepengurusan DPD Astindo Jawa Tengah, di Gets Hotel Semarang, Kamis (15/11).

Menurutnya, pemesanan tiket dan hotel mayoritas untuk wisata antara tanggal 20 Desember hingga awal Januari. Untuk lonjakan pemesanan sendiri bahkan sudah mulai terjadi di bulan Oktober.

“Mulai 20 Desember sampai Januari itu pemesanan sudah ramai, terutama untuk tiket pesawat dan hotel. Mereka takut kehabisan. Kalaupun masih ada dan pemesanan mepet waktu keberangkatan, harga sudah mahal,” ungkapnya.

Dijelaskan, pemesanan tour and travel 50% berasal dari segmen family, disusul corporat dan individual traveller. Adapun tujuan wisata antara ke luar negeri dan domestik masih seimbang, masing-masing 50%.

“Baik wisata budget maupun premium laris semua di akhir tahun ini,” jelasnya.

Sementara itu, kepengurusan DPD  Astindo Jateng resmi dibentuk dan langsung dilantik oleh Wakil Ketua Umum DPP Astindo Pusat, Rudiana. Terpilih sebagai Ketua Dian Dalu, Sekretaris Nathali dan Humas Setyo Legowo.

Lebih lanjut Dian menuturkan, Astindo dibentuk untuk bisa berperan aktif memajukan pariwisata Indonesia, sekaligus d untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) kepariwisataan, agar kedepan kemampuannya setara dengan ASEAN.

“Saat ini Astindo Jateng sudah memiliki 12 anggota dan ke depan diharapkan dapat bertambah kembali. Bahkan dalam waktu dekat telah ada beberapa program yang sudah disiapkan, seperti Travel Fair dan mempercepat sertifikasi anggota.” ujarnya.

 Umum DPP Astindo Pusat, Rudiana menambahkan, secara nasional saat ini telah ada 18 DPD Astindo dan ditargetkan bisa bertambah menjadi 22 hingga akhir tahun ini. Adapun tujuan utama Astindo memberikan networking yang baik untuk para anggota.

“Dengan perkembangan online ini perlu jembatan untuk bisa berhubungan dengan pemerintah lewat asosiasi ini,” pungkasnya.(aln)

BERBAGI