Beranda Lifestyle Angkat Industri Fashion ke Pasar Global

Angkat Industri Fashion ke Pasar Global

Semarak Jateng In Fashion 2019

142
KREASI MODERN: Salah satu model tengah memperagakan busana kreasi modern batik dalam event Launching Jateng In Fashion 2019.
KREASI MODERN: Salah satu model tengah memperagakan busana kreasi modern batik dalam event Launching Jateng In Fashion 2019.

JATENGPOS.CO.ID,SEMARANG – Guna meningkatkan promosi dan mengembangkan potensi Industri Fashion di Jawa Tengah agar mampu bersaing di pasar global. Dinas Koperasi dan UKM bekerjasama Dekranasda Provinsi Jawa Tengah, menggelar acara Jateng In Fashion 2019 yang akan dihelat di PRPP Jateng pada 30 Agustus sampai 1 Setember, mendatang.

Semarak event para insan perancang busana Jateng DIY tersebut, ditandai dengan hadirnya 16 perancang busana yang mewakili 45 peserta dari Semarang, Jogyakarta, Solo, Cilacap, Klaten, dan Jakarta. Meraka memperkenalkan hasil ranacanga busananya dalam acara Launching di Gedung Gradhika Provinsi Jawa Tengah.

Peni Rahayu Asisten Ekonomi Sekda Jateng, mengatakan Jateng potensial sekali untuk industri fashion khususnya batik, tetapi nilai ekspornya kalah dengan provinsi lain terutama yang ada di Jawa berada diposisi ke empat setelah Jatim, DKI, Jabar, Banten dan Jateng.

“Atas dasar itulah, event Jateng In Fashion ini kami helat guna memacu kreatifitas pelaku bisnis fashion dan sekaligus mempromosikan karya mereka, khususnya rancangan busana berbahan kain batik,” ujarnya, Sabtu (11/5) pekan lalu.

Meski tingkat Jawa Tengah, namun event bergengsi yang juga digelar serangkain acara tersebut berskala Nasional. Ada pemeran, Karnaval, Seminar ( talksow dan workshop) serta Runway Fashion Show yang menjadi acara puncak event tersebut.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jateng, Ema Rahmawati mengatakan, event tersebut diharap mampu mengangkat citra rancangan busana kain batik khas Jawa Tengah seperti Sarung Goyor, Troso, Lurik, Batik, Batik Troso dan lainya.

“Kami mencoba menghubungkan antara UKM dengan UKM kain tradisional Jateng dengan desainer supaya bisa menghasilkan produk yang layak untuk ragam item Fashion mulai dari topi, tas, sepatu hingga busana dan masih banyak lagi yang akan dipamerkan di event tersebut,”terangnya.

Dari ragam busana kreasi modern berbahan batik yang dipamerkan oleh 16 perancang busana dan dibawakan luwes oleh belasan model profesional. Acara launching Jateng In Fashion 2019 itu, mampu menarik perhatian ratusan tamu undangan. (ucl/muz)