Beranda Jateng Aparatur Desa Berperan Dalam Pencegahan Covid-19

Aparatur Desa Berperan Dalam Pencegahan Covid-19

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

12
Peran Masyarakat : Anggota DPR/MPR RI Drs.H. Fadholi M.I Kom saat mensosialisasikan empat pilar kebangsaan kepada aparatur desa dan kader Posyandu se- Kabupaten Semarang. ( foto : dekan bawono/ jateng pos)

JATENGPOS.CO.ID, SALATIGA – Aparatur desa dan kader Posyandu memiliki peran yang sangat penting dalam ikut mencegah penyebaran Covid19 di lingkungannya masing-masing. Sebagai ujung tombak pemerintah, aparatur desa bisa mengedukasi masyarakat tentang pentingnya dalam disiplin menjaga protokol kesehatan.

“ Aparatur desa dan juga kader Posyandu memiliki peran yang sangat vital dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19. Untuk itu pentingnya optimalisasi peran apartur pemerintahan desa sebagai ujung tombak ke masyarakat. Aparatur desa dan kader Posyandu bisa lebih berperan lagi,” ujar Anggota DPR/MPR RI Drs.H. Fadholi M.I Kom di hadapan 150- an aparatur desa dan kader Posyandu se- Kabupaten Semarang saat sosialisisi Empat Pilar Kebangsaan di Joglo Kauman Kidul, Minggu (20/9).

Dalam sosialisasi dengan tema ‘ Optimalisasi Peran Aparatur Pemerintahan Desa Dalam Pencegahan Covid-19 Untuk Mewujudkan Ketahan Nasional ‘ tersebut Fadholi juga menekankan agar para aparat desa dan kader Posyandu bisa menjadi contoh yang baik dan mengajak masyarakat untuk selalu menjaga protokol kesehatan.

“ Dimulai dari diri sendiri untuk selalu disiplin dalam menjaga protokol kesehatan. Memakai masker, rajin cuci tangan dan menjaga jarak untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ujar legislator Partai Nasdem ini.

Dikatakan Fadholi, apabila pandemi Covid-19 ini dapat diatasi dengan baik, maka tidak akan muncul gejolak sosial di masyarakat. Dengan demikian, ketahanan nasional Indonesia yang sudah terjaga dengan baik dapat terus dipertahankan.

“ Tentunya ini butuh kerjasama dan partisipasi semua elemen masyarakat. Kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga protokol kesehatan merupakan kunci untuk mencegah penyebaran Covid-19,” imbuhnya.

Fadholi juga menekankan pentingnya terus menjaga persatuan dan kesatuan, kegotoroyongan di masyarakat di tengah pandemi Covid19 ini. Karena empat pilar kebangsaan ( Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI) yang digali dari nilai-nilai luhur bangsa ini sudah memberikan solusi dalam menghadapi permasalahan bangsa.

“ Harus menjunjung semangat persatuan dan kegotongroyongan,” pungkasnya.

Kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dimana warga yang hadir dicek suhu tuhuhnya dengan thermo gun, wajib memamaki masker dan juga wajib mencuci tangan dengan sabun sebelum masuk ruang pertemuan. Tempat duduk para undangan juga dibuat berjarak. (deb/bis)