Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Aplikasi Geogebra Tingkatkan Minat Belajar Matematika

Aplikasi Geogebra Tingkatkan Minat Belajar Matematika

581
Kristiyanti, S. Pd Guru Matematika SMA Negeri 3 Tegal
Kristiyanti, S. Pd Guru Matematika SMA Negeri 3 Tegal

Matematika oleh sebagian besar siswa adalah mata pelajaran yang menakutkan dan tidak disukai. Matematika tidak hanya menakutkan tetapi kurang menarik dan membosankan. Pembelajaran matematika di sekolah lebih cenderung ke text book oriented. Pembelajaran ini dinilai membosankan sehingga membuat siswa menjadi malas belajar matematika dan hasil belajar siswa kurang memuaskan. Dari permasalahan tersebut, dalam kegiatan pembelajaran perlu adanya media pembelajaran matematika yang menarik dan dapat dipraktekan oleh guru dan siswa di ruang kelas. Media pembelajaran yang menarik dapat meningkatkan minat belajar matematika.

Pada era globalisasi sekarang ini telah banyak kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat. Kemajuan teknologi tersebut ditandai dengan peluncuran dan pengembangan progam aplikasi di ponsel pintar dan komputer. Masyarakat umum terutama golongan anak muda tidak lepas dengan penggunaan program aplikasi di ponsel pintar atau komputer. Progam aplikasi di komputer dan ponsel pintar sudah beragam banyak jenisnya seperti aplikasi pengolah kata, editor film atau foto dan matematika. Salah satu program aplikasi yang berguna untuk belajar matematika adalah GeoGebra.

Geogebra adalah software matematika dinamis yang menggabungkan geometri, aljabar, dan kalkulus serta dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran matematika. Nama GeoGebra merupakan kependekan dari geometry (geometri) dan algebra (aljabar). Meski dari sisi nama hanya merujuk geometri dan aljabar aplikasi ini tidak hanya mendukung untuk kedua topik tersebut, tetapi juga mendukung banyak topik matematika diluar geometri dan aljabar. Aplikasi Geogebra sangat membantu siswa dan guru dalam mengerjakan tugas atau pembelajaran Matematika yang berkaitan dengan geometri, aljabar, tabel, grafik, statistik dan kalkulus bisa lebih mudah menggunakan software ini.

Menurut Hohenwarter (2008), program GeoGebra sangat bermanfaat bagi guru maupun siswa. Tidak sebagaimana pada penggunaan software komersial yang biasanya hanya bisa dimanfaatkan di sekolah, GeoGebra dapat diinstal pada komputer pribadi dan dimanfaatkan kapan dan di manapun oleh siswa maupun guru. Bagi guru, GeoGebra menawarkan kesempatan yang efektif untuk mengkreasi lingkungan belajar online interaktif yang memungkinkan siswa mengeksplorasi berbagai konsep-konsep matematis. Menurut Lavicza(Hohenwarter, 2010), sejumlah penelitian menunjukkan bahwa GeoGebra dapat mendorong proses penemuan dan eksperimentasi siswa di kelas. Fitur-fitur visualisasinya dapat secara efektif membantu siswa dalam mengajukan berbagai konjektur matematis.

Geogebra mempunyai beberapa tampilan yaitu tampilan geometri, tampilan aljabar, CAS(Computer Algebraic System), tampilan spreadsheet dan tampilan 3D. Tampilan geometri adalah jendela yang akan menampilkan gambar atau visualisasi gra ik, titik, garis, dan lain-lain. Tampilan aljabar, yaitu jendela yang menampilkan representasi aljabar dari objek geometri yang ada pada tampilan geometri. Tampilan aljabar diperlukan untuk menyelesaikan soal-soal transformasi geometri. Tampilan aljabar juga diperlukan untuk menggambar bangun ruang sisi datar seperti kubus, balok, prisma dan limas.

Dengan adanya aplikasi GeoGebra sangat berpengaruh terhadap minat siswa untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan di dalam menyelesaikan masalah matematika. Hal ini dikarenakan, kehadiran aplikasi GeoGebra memudahkan siswa dalam mengerjakan soal-soal matematika dengan fitur yang ditawarkan Aplikasi tersebut. Kreatifitas siswa menjadi lebih meningkat dengan adanya aplikasi GeoGebra.

Kristiyanti, S. Pd

Guru Matematika

SMA Negeri 3 Tegal