Beranda Sekolah Hebat Opini Guru “ARCA BUNYI “ Tingkatkan Semangat Belajar Siswa

“ARCA BUNYI “ Tingkatkan Semangat Belajar Siswa

102
BERBAGI
ENDANG SUPRATINI,S.Pd SD NEGERI KLAPA
ENDANG SUPRATINI,S.Pd SD NEGERI KLAPA

JATENGPOS.CO.ID, – Masa libur telah usai, siswa-siswa sudah mula masuk sekolah seperti biasanya, selain peralatan sekolah yang harus dipersiapkan, mental dan kesiapan siswa juga harus diutamakan.Siswa yang baru masuk sekolah dasar kelas satu adalah masa peralihan. Dari masa peralihan ke masa bermain lalu ke masa berfikir. Dari sini guru harus punya inofasi dan kreatifitas cara mengajarkan membaca yang menyenangkan  karena kebanyakan siswa belum bisa membaca.

Efektifitas cara guru mengajar akan sangat menentukan kebiasaan anak dalam membaca, banyak cara yang dapat dilakukan untuk membimbing siswa belajar membaca.Membaca merupakan suatu cara untuk mendapatkan informasi dari yang ditulis. Membaca melibatkan pengenalan simbol yang menyusun sebuah bahasa. Membaca dan mendengar adalah dua cara paling umum untuk mendapatkan informasi.

Membaca juga kegiatan yang membutuhkan keseimbangan yang baik, dimulai dari gerakan mata dan kemantapan pemikiran serta kemampuan untuk menerima informasi dan menelaah informasi tersebut.Dibutuhkannya keseimbangan yang baik dan akurat agar kita mampu menerima informasi secara tepat dan mengingat informasi tersebut saat kita perlukan. Menurut Hariss dan Sipaya ( 1980:8) membaca sebagai suatu kegiatan yang memberikan respon makna secara tepat terhadap lambang verbal yang tercetak atau tertulis.

Langkah awal Mengenal alfabet bagi si kecil agar dapat membaca dan menulis. Mengajak mereka belajar huruf memang susah-susah gampang. Guru harus mempunyai kreatifitas agar anak tidak bingung karena si anak terlihat merasa tertarik dengan apa yang sedang diajarkan.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk mencari hal-hal yang asyik dan menyenangkan bagi anak-anak untuk mengajari huruf-huruf pada mereka. Sehingga anak tidak bosan saat pembelajaran sudah berlangsung.

Dibutuhkan trik khusus ketika ingin mengajar membaca kepada anak usia tujuh tahun. Trik ini diperlukan agar mereka tetap fokus belajar dan perhatian mereka tidak teralihkan dengan yang lainnya. Dari pengertian-pengertian diatas ada salah satu inofasi untuk memudahkan guru mengajar yaitu dengan cara Arca Bunyi.

Arca Bunyi kepanjangan dari Belajar Membaca Buat Nyanyian, disini guru bisa mengajarkan siswa-siswanya dengan bernyanyi. Karakter anak kelas satu sekolah dasar yang pastinya masa-masa taman kanak-kanak masih dominan terbawa sampai masuk sekolah dasar.

Mengajarkan anak dengan Arca Bunyi merupakan yang mudah dan bisa diterapkan baik di sekolah maupun dirumah. Ajak siswa kita menyanyi lagu alfabet bersama-sama agar mereka lebih mudah menghafalnya.Setelah mereka hafal dan ingat bentuk huruf, ajak mereka untuk menyanyikan rangkaian kata yang tersusun dari huruf vokal atau konsonan. Rangkaian kata yang dibentuk haruslah berbeda dengan masing-masing kata yang lain.

Dengan begitu tanpa memaksa mereka untuk belajar membaca dengan sendirinya mereka sudah belajar lewat lagu-lagu yang dinyanyikannya. Kegiatan ini sebaiknya jangan hanya dilakukan di sekolah saja, tetapi rutin dilakukan ketika dirumah.

Contoh ketika anak senang menyanyikan sebuah lagu, anak tersebut pasti akan menyanyikannya berulang-ulang. Maka dari itu dibutuhkan kerjasama antara guru dengan orang tua. Bernyanyilah bersama agar mereka merasa mendapatkan dukungan dari orang-orang terdekatnya.

Bernyanyilah dengan kombinasi gerakan, gerakan yang dilakukan janganlah gerakan yang sulit, cukup gerakan yang sederhana saja. Dengan kombinasi gerakan, anak-anak diharapkan menjadi lebih mudah menghafalkan huruf dan belajar mengeja kata.

Mulai sekarang, sebaiknya ajak anak-anak mendengarkan lagu-lagu yang sesuai dengan usiannya dan lagu yang didengarkan bisa membantu dalam kegiatan belajar mereka. Dengan demikian anak –anak mudah menghafal lagi tersebut. Secara tidak langsung, anak belajar kosa kata.

ENDANG SUPRATINI,S.Pd
SD NEGERI KLAPA
BERBAGI