Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Asyiknya Belajar Membaca dengan Model Snowball Throwing

Asyiknya Belajar Membaca dengan Model Snowball Throwing

119
Willy Nantalika, S.Pd.SD Guru SDN 6 Tubanan Kembang Jepara

Membaca merupakan suatu proses rekonstruksi makna melalui interaksi yang dinamis antara pengetahuan siap pembaca, informasi yang tersaji dalam bahasa tulis, dan konteks bacaan. Memiliki kemampuan membaca yang baik akan mempermudah seseorang untuk menggali informasi-informasi penting yang dibutuhkan. Demikian pula untuk anak-anak usia sekolah. Kemampuan membaca yang rendah dari para siswa akan menghambat penyerapan pengetahuan yang dipelajarinya setiap hari di sekolah. Utamanya adalah para siswa kelas rendah yang notabene memang sedang dalam tahap belajar membaca. Untuk meningkatkan kemampuan membaca ini, salah satu model pembelajaran yang patut dicoba adalah snowball throwing. Melalui model pembelajaran tersebut, para siswa SDN 6 Tubanan dapat merasakan asyiknya belajar sambil bermain.

            Model Pembelajaran Snowball Throwing merupakan pengembangan dari model pembelajaran diskusi dan merupakan bagian dari model pembelajaran cooperatif. Bedanya, model pembelajaran ini dimodivikasi sehingga menjadi pembelajaran yang lebih menyenangkan. Snowball dapat diartikan bola salju, sedangkan throwing artinya melempar. Sehingga jika diartikan secara keseluruhan snowball throwing artinya melempar bola salju.

            Menurut Saminanto (2010:37) “Model Pembelajaran Snowball Throwing disebut juga model pembelajaran gelundungan bola salju”. Dimana model pembelajaran ini melatih siswa untuk lebih tanggap menerima pesan dari siswa lain dalam bentuk bola salju yang terbuat dari kertas, dan menyampaikan pesan tersebut kepada temannya dalam satu kelompok.

Pesan yang tertulis dalam kertas bola salju tersebut pada umumnya berisi pertanyaan-pertanyaan berdasarkan materi yang sedang dipelajari. Di mana pesan tersebut harus dibaca dan dijawab dengan benar oleh siswa penerima bola salju yang dilempar. Langkah selanjutnya, menurut Hizbullah (2011:10) setelah semua siswa menjawab pertanyaan yang diterima melalui bola salju, guru kemudian menanggapinya. Setelah itu, bersama siswa yang lain guru dapat membuat kesimpulan atas materi yang pembelajaran yang diberikan.

Dalam penerapan model pembelajaran snowball throwing kali ini ada sedikit modifikasi yang diterapkan oleh guru dalam pembelajaran. Mengingat kali ini diterapkan pada pelajaran membaca, jadi pesan yang ditulis pada kertas pun beragam tidak selalu berupa pertanyaan.  Siswa dapat menuliskan kalimat atau kata yang ingin disampaikan pada teman sesuai dengan materi yang sedang dipelajari.

Ternyata model pembelajaran ini mendapat respon positif dari para siswa. Mereka begitu menikmati permainan saling lempar dan saling baca ini tanpa merasa bahwa mereka sedang melakukan pembelajaran dalam kelas. Seolah-olah mereka sedang melakukan sebuah permainan. Sekilas memang suasana kelas menjadi gaduh. Akan tetapi dampak yang ditimbulkan sangatlah bagus. Kemampuan membaca para siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Minat baca mereka juga mengalami peningkatan karena penerapan model pembelajaran yang menyenangkan.

Meski snowball throwing cocok diterapkan pada pelajaran membaca, namun tidak semua materi pelajaran dapat menggunakannya. Sesuai dengan sifatnya, snowball throwing memiliki kekurangan dan kelebihan. Kekurangan model pembelajaran ini menurut Hizbullah (2011:9) diantaranya adalah pengetahuan tidak luas hanya terkutat pada pengetahuan sekitar siswa, serta kurang efektif digunakan untuk semua materi pelajaran.

Sedangkan kelebihan snowball throwing menurut Safitri (2011;19) salah satunya adalah siswa akan terus termotivasi untuk meningkatkan kemampuannya. Rasa puas tidak akan mereka dapat apabila belum berhasil membaca tulisan yang terdapat pada bola salju tersebut. Hal tersebut merupakan sarana yang sangat bagus untuk merangsang minat baca para siswa khususnya di kelas rendah. Sehingga diharapkan kemampuan baca para siswa kelas rendah ini semakin meningkat.

Oleh : Willy Nantalika, S.Pd.SD

Guru SDN 6 Tubanan Kembang Jepara