Beranda Ekonomi ATM Beras Mulai Beroperasi

ATM Beras Mulai Beroperasi

BERBAGI
ATM BERAS : Masyarakat kini bisa mencoba Anjungan Terima Mandiri Beras (ATMB) hasil karya insinyur lulusan ITB di masjid Baiturahman Semarang.
ATM BERAS : Masyarakat kini bisa mencoba Anjungan Terima Mandiri Beras (ATMB) hasil karya insinyur lulusan ITB di masjid Baiturahman Semarang.

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Para pemilik kartu Anjungan Terima Mandiri Beras (ATMB) sedang mengantri mengambil beras di ATMB masjid Baiturrahman Simpanglima Semarang, Jumat (19/1). ATMB adalah perangkat yang bisa mengeluarkan beras dalam jumlah tertentu secara otomatis.

Beras keluar dengan cara menempelkan kartu RFID (Radio Frequency Identification) atau kartu elektronik lainnya di bagian tertentu (card reader) pada perangkat tersebut. Dengan mengesek alat ini maka beras akan keluar.

Mesin ini dibuat oleh insinyur ITB Bandung yang merupakan warga asli semarang, Ir Teguh Trianung. Dia kemudian menghibahkan mesin ini untuk Masjid Baiturrahman Semarang, dengan sistem teknologi terkini.

“Beras ini diberikan untuk kaum dhuafa secara gratis sesuai kebutuhannya,” ujar Teguh Trianung. Dia menjelaskan beras ini bisa diambil sesuai dengan waktu yang ditentukan dengan kegiatan pembinaan yang terintegrasi dengan kajian-kajian masjid seperti kajian bakda shubuh, kajian wanita dan lain sebagainya.

Beras isi ATMB ini diperoleh dari para donatur secara umum yang kemudian dikelola oleh bidang sosial budaya , bekerjasama dengan IKAMABA untuk mengelolanya. IKAMABA snendiri merupakan organisasi remaja  bagian dari YPKPI Masjid Baiturrahman Semarang. (pra/sgt)

BERBAGI