Beranda Edukasi Sekolah Hebat Babinkamtibmas Beri Penyuluhan Siswa SDN Wonolopo 01

Babinkamtibmas Beri Penyuluhan Siswa SDN Wonolopo 01

BERBAGI
Babinkamtibmas Polsek Mijen berbicara di depan siswa kelas VI SDN Wonolopo 01. FOTO : AMBAR ADI WINARSO/JATENGPOS.CO.ID

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Pendidikan karakter terkait kenakalan remaja dan bahaya narkoba diberikan menjadi perhatian Babinkamtibmas Polsek Mijen. Perhatian tersebut kepada siswa SDN Wonolopo 01, Kecamatan Mijen. Para siswa diberikan pengarahan sekaligus tanya jawab.

Kepala SDN Wonolopo 01, Nursiyah menyampaikan, pendidikan karakter tak hanya dalam lingkungan sekolah. Peran Babinkamtibmas memberikan pencerahan dan pengetahuan seputar keadaan lingkungan yang lebih luas.

“Anak-anak perlu dibekali apa itu kenakalan remaja, apa itu pergaulan bebas, serta bahaya narkoba. Mereka harus paham bergaul di masyarakat harus bisa menjaga diri,” katanya, kemarin.

Selama satu jam, siswa kelas enam dari dua kelas yang digabung mendapatkan pengarahan dari petugas Babinkamtibmas. Siswa diajak interaktif untuk mengetahui hal apa saja yang bersifat negatif di masyarakat. Seperti bahasa minuman keras, merokok, bahkan bermain saat jam belajar atau jam malam.

“Kami selalu rutin berkeliling tiap sekolah, bagaimana mengedukasi siswa SD sejak dini untuk mengetahui apa saja yang dilarang. Sehingga mereka bisa memproteksi dirinya saat bergaul di masyarakat,” kata Aiptu M. Ali, petugas Babinkamtibmas Polsek Mijen.

Pihaknya mengatakan, jika kondisi pergaulan di anak-anak sekolah di Kecamatan Mijen terpantau masih kondusif. Namun berarti tidak harus berhenti  memberikan penyuluhan pada anak-anak sekolah.

“Kami kontinyu memberikan penyuluhan baik siswa SD, SMP, maupun SMA. Apalagi perkembangan teknologi dengan gadget kini mudah diakses siswa. Kita wajib memproteksi anak-anak sebagai generasi bangsa. Kita juga menyarankan agar anak-anak tidak segan memberikan informasi jika ada kejahatan di lingkungan mereka,” tukasnya. (aam/muz)