Beranda Semarang Banjir Landa Kawasan Kalirejo Ungaran

Banjir Landa Kawasan Kalirejo Ungaran

349
SETIAWAN/JATENGPOS

JATENGPOS.CO.ID, UNGARAN – Hujan selama beberapa jam di kawasan Ungaran, Kabupaten Semarang membuat sejumlah kawasan mengalami banjir. Hal ini dikarenakan saluran air yang tidak tertata rapi, akibatnya air meluap ke jalan.

Seperti di Jl MT Haryono atau tepatnya di depan perumahan Amaya, Kalirejo, Ungaran Timur banjir air menutupi jalan hingga setinggi 30 centimeter. Padahal gorong-gorong sudah dibangun. Akibatnya pengendara sepeda motor memilih berbalik arah mencari akses jalan lain yang lebih jauh.

“Daripada motor saya mogok lebih baik cari jalan lain,” kata Bagus Maulana warga Kalirejo di Ungaran, Kamis (15/11). Namun tidak sedikit motor atau mobil yang menerobos banjir. Banjir di jalan ini sudah bertahun-tahun namun hingga saat ini belum ada solusi agar jalan tidak banjir lagi.

Pada tahun 2016 lalu Jalan Jl MT Haryono ini sudah dinaikkan menjadi jalan beton dan selokan dibenahi.  “Meski dulu masih persawahan, selokan tidak sekecil ini. Lebar selokan hampir satu meter. Sejak ada perumahan baru selokan dibangun kecil. Entah mengapa saat itu didiamkan saja,” kata Prayitno warga Kalirejo.

Prayitno menduga, banjir di jalan ini setiap kali hujan dikarenakan penyempitan selokan. Aliran sungai yang juga semakin sempit di sekitar Kelurahan Susukan. “Kalau aliran sungai tidak dibenahi dan masih sempit banjir terus saat hujan,” katanya.

Prayitno berharap pemerintah meperbaiki aliran sungai, selain itu bertindak pada bangunan yang membangun di jalur sepadan sungai. “Mengapa perumahan bisa berdiri tepat disamping sungai dan itu dibiarkan. Kalau seperti itu banjir akan terus ada di Ungaran, meskipun ada di daerah atas,” ujarnya. (dni/sgt/mg8)