Beranda Jateng Banyak Pemudik Beristirahat di Masjid dan SPBU Sepanjang Jalur Pantura

Banyak Pemudik Beristirahat di Masjid dan SPBU Sepanjang Jalur Pantura

106

JATENGPOS.CO.ID, Demak – Sepanjang Jalur Pantura Timur Demak-Kudus tersedia cukup banyak tempat peristirahatan bagi pemudik yang merasakan kelelahan setelah menempuh perjalanan jauh, namun masjid dan SPBU menjadi tempat favorit bagi pemudik untuk melepas lelah.

Berdasarkan pantauan di sepanjang Jalur Pantura Demak-Kudus, Minggu, sejumlah tempat peristirahatan yang disediakan oleh berbagai instansi, mulai dari Kepolisian, BPBD, serta sejumlah organisasi kemasyarakatan hingga instansi pemerintah lainnya ternyata yang paling diminati adalah masjid dan SPBU.

Salah satu masjid yang dipadati pemudik, yakni Masjid Agung Demak yang berada di jantung Kota Demak, namun menarik minat pemudik untuk melintas ke jalur kota, dibandingkan melalui Jalan Pantura Lingkar Demak yang jauh lebih lancar.

Lahan parkir yang tersedia di masjid itu hampir penuh dipadati kendaraan pribadi dengan pelat luar kota.

Di dalam masjid juga hampir dipenuhi pemudik yang tiduran untuk melepas lelah setelah menunaikan ibadah salat.

Parno, salah seorang pemudik asal Jakarta ditemui usai beristirahat di Masjid Agung Demak mengakui sengaja memilih masjid untuk tempat beristirahat sejenak karena bisa menunaikan salat.

Selain bisa menunaikan salat, kata dia, di masjid juga tersedia toilet dan parkir yang luas.

Tempat parkir luas yang tersedia di SPBU juga menjadi daya tarik pemudik, salah satunya SPBU Wonoketingal, Kecamatan Karanganyar, Demak, yang lahan parkirnya dipadati mobil pemudik dari arah Jakarta dengan pelat kendaraan luar kota.

Akbar, salah seorang penjaga toilet SPBU Wonoketingal mengakui, sejak dua hari terakhir memang ramai pemudik yang beristirahat di SPBU ini.

Hanya saja, kata dia, jumlahnya memang tidak seramai tahun lalu, menyusul adanya jalan tol.

Pemudik dari arah Surabaya juga bisa memanfaatkan SPBU yang tersedia di sepanjang Jalur Pantura Kudus-Demak, salah satunya SPBU Modern di Desa Karanganyar, Demak, juga terlihat mobil pemudik meskipun tidak seramai di SPBU Wonoketingal.

Suyatono, pemudik asal Surabaya mengakui sengaja istirahat di SPBU karena mudah ditemui di sepanjang jalan.

“Karena bersama keluarga, ketika lelah atau ingin ke kamar kecil tentu mampir ke SPBU sekaligus beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan ke Cirebon,” ujarnya. (fid/ant)