Beranda Jateng Baru Bebas dari Hukuman, RM Kembali Jadi Tersangka

Baru Bebas dari Hukuman, RM Kembali Jadi Tersangka

BERBAGI
Kantor Pengadilan Negeri Wonogiri.

JATENGPOS.CO.ID, WONOGIRI – Mantan anggota DPRD Provinsi Jateng dari Fraksi Gerindra Rachmat Mujiono (RM) harus rela keluar masuk Kantor Kepolisian Wonogiri. Bahkan juga ke Kantor Pengadilan Negeri.

Tentu ke Polres dan Pengadilan Negeri, bukan sekedar main main. Tapi karena perkara yang menjeratnya, pidana maupun perdata A Dan ternyata, Rachmat Mujiono ini juga barus saja selesai menjalani keputusan pengadilan, yaitu menjalani hukuman empat bulan penjara, dengan enam bulan masa percobaan, dalam kasus melakukan penelantaran dalam lingkup rumah tangga.

Dalam amar putusan mengadili yang bersangkutan dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana tersebut.

Keputusan itu tertuang dalam nomor Perkara 55/Pid.Sus/2017/PN Wonogiri, dan sudah Berkekuatan Hukum Tetap (BHT) tertanggal 06 Juni 2017.

“Karena hukuman percobaan, maka dia tidak perlu ditahan. Kecuali apabila jika dia melakukan satu tindak pidana yang dapat dihukum sebelum lewat masa percobaan selama enam bulan,” kata Ketua Pengadilan Negeri Wonogiri melalui Humas didampingi staf hukum Karjo, Selasa (19/12) di Kantor PN Wonogiri.

Majelis hakim yang diketuai Lingga Setiawan dengan anggota Bunga Lilly dan Siwi Rumbar Wigati juga menjatuhkan pidana denda Rp 1.000.000 dengan ketentuan apabila tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama dua bulan.

Dalam riwayat persidangan terungkap, bahwa Rahmat Mujiono menganiaya istrinya bernama Sri Yudiati alias Atika. Akibat perbuatannya itu, kaki kanan istrinya mengalami bengkak dan kesleo.

Latar belakang masalahnya Rahmat Mujiono diketahui istrinya menyimpan foto sedang bermesraan dengan wanita berinisial SY.

Barang bukti itu ada dalam kartu memory (MMC) itu sudah dikembalikan kepada saksi korban. Demikian juga bukti-bukti lainya.

Sementara itu, baru saja menjalani hukuman per 6 Desember lalu,  Rahmat Mujiono sudah ditetapkan dalam perkara kasus perusakan dan memasuki rumah milik Suwarti pengusaha asal Girimarto.

Kapolres Wonogiri AKBP Robertho Pardede SH.MIK melalui Kasatreskrim AKP Muhammad Kariri SH.MH menyatakan, Rahmat Mujiono ditetapkan sebagai tersangka pasal 407 KUHP dan pasal 167 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal sembilan bulan.

“Saat ini kita masih memeriksa saksi-saksi,” kata M Hariri. (bgs/saf)