Beranda Travelling Kuliner Batam, Surga Kuliner di Crossborder Nusantara

Batam, Surga Kuliner di Crossborder Nusantara

42
BERBAGI
Golden Prawn Batam

JATENGPOS.CO.ID, BATAM – Salah satu hal penting yang menjadi incaran wisatawan saat libur Lebaran di Batam adalah makanannya. Lantaran berdekatan dengan laut, Batam kaya akan kuliner seafood. Tak hanya itu, kota ini juga memiliki beberapa kuliner khas yang siap memanjakan lidah Anda. Beragam kuliner lezat di Batam siap melengkapi #PesonaMudik2018.

“Tanpa disadari, dibalik lalu lintas antar negara dan keramaian perdagangan di Batam, pulau ini memiliki potensi kuliner tersendiri. Itu sudah tidak terbantahkan. Wisata kuliner di pulau ini tidak dapat diragukan lagi, selalu menjadi pilihan wisatawan Singapura dan Malaysia. Untuk itu jangan sampai lupa mencicipi #PesonaKulinerLebaran2018 ketika mudik ke Batam,” ungkap Menteri Pariwisata Arief, Sabtu (10/6).

Bagi Anda yang memiliki sanak saudara di Batam dan berencana berlibur atau sekadar berkunjung saat Lebaran, jangan lupa untuk mengunjungi berbagai tempat kuliner di Batam.

Untuk mempermudah Anda yang ingin mengunjungi wisata kuliner pulau Batam, berikut ini #10TopPesonaKulinerLebaranBatam yang harus dikunjungi dalam wisata kuliner Anda.

1. Ayam Bakar Guspur

Lokasinya di daerah Taman Raya, dekat dengan Taras (Taman Raya Square). Tempat makan yang satu ini mempunyai menu andalan berupa ayam bakar yang rasanya enak pol. Ya, bumbu meresap sampai ke tulang. Jadi tulangnya juga terasa gurih dan empuk. Selain menu andalan tersebut, warung makan yang biasa dijuluki dengan nama ABG ini menyediakan ayam cabe ijo, bebek bakar, aneka nasi goreng, capcay, dengan minuman panas dan dingin yang bervariasi. Masalah harga, jangan takut. Murah dan pas dikantong.

2. Restoran Sri Rezeki

Lokasinya di daerah Batu Besar. Restoran ini menyediakan aneka seafood yang lezat. Ini merupakan restoran yang termasuk ramai. Resto yang letaknya di atas air laut, jadi sekelilingnya kita bisa melihat laut yang cantik.

3. Mie Tarempa

Ini termasuk salah satu yang favorit ketika berkunjung ke Batam. Mie Tarempa. Ada mie goreng dan mie kuahnya. Kalau saya pernah mencoba mie goreng udang. Rasanya gurih, mie lembut, bumbunya nendang sekali dan yang membuat kejutan adalah potongan cabe rawit yang membuat lidah sedikit terbakar tapi tetap makan terus. Dijamin ketagihan dan akan kembali lagi untuk menikmati mie tarempa.

4. Warung Podo Moro

Andalan dari warung yang satu ini adalah sambal ijonya. Sambal yang sangat pedas ini menjadi daya tarik pengunjung untuk kembali datang kemari. Harganya yang berkisar belasan ribu rupiah pun menjadi salah satu daya tarik warung ini. Bagi anda yang raja pedas boleh pesan sambal campur, yaitu langsung dicampur bersama ayam goreng atau ikannya. Selain ayam dan ikan goreng juga terdapat yang bakar. Pokoknya bagi anda yang bukan raja sambal, jangan coba pesan campur. Soalnya takut sakit perut atau perutnya kaget dengan rasa pedas yang teramat itu.

5. Golden Prawn

Restoran seafood satu ini banyak dikunjungi wisatawan dan sudah sangat terkenal dengan kelezatan hidangannya. Oh, ya, kalau ke restoran seafood jangan lupa untuk memesan gonggong yang nikmat dan khas dari Kepri. Cara makannya unik yaitu dicongkel menggunakan tusuk gigi supaya daging keluar dari cangkang kemudian dicocol pakai sambal.

6. Ayam Penyet Ibu Ria

Salah satu yang tak boleh lewat adalah mencicipi ayam penyet yang gurih dan empuk di Ayam Penyet Ibu Ria. Ayamnya lunak. Jadi kalau kita makan cukup ditekan saja, sudah pecah daging ayamnya. Bumbunya pun meresap dan paling enak dimakan pakai sambal pedas dan nasi hangat.

7. Mekarsari Seafood

Lokasinya di dekat lampu merah Perumahan Kurnia Djaja. Nah, ini adalah warung makan kaki lima yang juga ramai dikunjungi oleh orang-orang karena harga yang murah dan makanan yang tentunya lezat. Seafood yang tersedia di sini antara lain kepiting saus padang, udang goreng tepung, aneka olahan ikan, dan bermacam menu lain. Minumannya pun tersedia dalam dua pilihan panas dan minuman dingin.

8. Martabak Palembang Kampung Melayu

Untuk kuliner yang satu ini memang tidak termasuk yang populer di Batam. Lokasinya terpencil dan masuk ke dalam, dekat dengan restoran Sri Rezeki. Martabak berisi kentang yang gurih dan kriuk, dalam satu hari tak pernah sepi pengunjung. Dan selain martabak tersedia pula empek-empek aneka macam. Jadi kalau dilihat dari luar kita tak akan menyangka kalau itu warungnya. Karena tak ada tanda apapun di depan warung. Cuma ada beberapa kursi dan meja tempat makan yang sudah tampak usang. Tetapi masalah rasa dijamin tidak usang.

9. Angkringan Legenda Malaka

Bagi anda yang suka angkringan, datanglah ke daerah Legenda Malaka. Di sana ada angkringan yang pas banget untuk berkumpul bareng keluarga dan teman-teman. Tentunya menyediakan menu ala angkringan seperti nasi kucing, nasi oseng, sate telur puyuh, sate usus, gorengan, dan kerupuk. Minumannya, bisa pesan yang hangat yaitu wedang jahe atau teh manis, atau es teh juga ada.

10. Sari Eco

Nah, yang satu ini adalah martabak paling top di Batam. Rasa martabaknya legit dan gurih. Pokoknya beda dengan martabak lainnya. Adonan lebih lembut dan juga lebih tebal. Harganya terjangkau, pas dikantong.