Beranda Headline Bawaslu Libatkan Media Awasi Pemilu 2019

Bawaslu Libatkan Media Awasi Pemilu 2019

507
Bawaslu mengadakan sosialisasi pengawasan Pemilu bersama dengan PWI Jateng. ist

JATENGPOS.CO.ID– Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah menggandeng kalangan media, baik dari media elektronik, media cetak, maupun media daring, untuk bersama-sama mengawasi semua tahapan Pemilu 2019.

“Bawaslu ini terbatas jangkauannya, sedangkan rekan-rekan media punya kemampuan lebih untuk menjangkau seluruh kelompok masyarakat dalam memberikan informasi,” kata Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Fajar Subhi di Semarang, Rabu (14/11/2018).

Ia mengakui posisi media massa sangat penting dan strategis dalam menyebarluaskan semua informasi terkait dengan pemilu kepada semua lapisan masyarakat sehingga fungsi pengawasan Bawaslu Jateng akan sangat terbantu.

Hal tersebut disampaikan Fajar di sela pelaksanaan Sosialisasi dengan “Stakeholder” Pemilihan Umum Tahun 2019 di Aston Semarang Hotel and Convention Center.

Selama ini kalangan media sudah dilibatkan dalam pengawasan berbagai tahapan pemilu di berbagai tingkatan dengan baik. Namun, masih diperlukan kesepahaman mengenai beberapa hal.

Menurut dia, pelibatan kalangan media dalam hal ini para jurnalis, dapat memaksimalkan kerja dan fungsi pencegahan serta penindakan dari Bawaslu Jateng.

“Dalam metode kampanye pemilu, ada juga kebolehan media massa untuk menerima iklan kampanye dengan batasan-batasan dan waktu tertentu, ini yang harus sama-sama dipahami agar tidak terjadi pelanggaran,” ujarnya.

Fajar menjelaskan bahwa iklan kampanye di media massa baru boleh diterima 21 hari menjelang hari tenang Pemilu 2019.

“Pada tanggal 24 Maret 2019, baru bisa diterima iklan-iklan kampanye di media massa dan media sosial, jangan sampai karena tidak paham regulasi sudah menerima iklan sehingga terjadi pelanggaran,” katanya.

Bawaslu Jateng, kata dia, akan terus berupaya nemastikan pemasangan iklan kampanye di media massa sudah sesuai dengan aturan main dan tidak melanggar ketentuan pemilu.(ant/udi)