Beranda Jateng Solo BDI Jakarta Gandeng OPGI Gelar Diklat 3in1 Operator Mesin Industri Garmen Berbasis...

BDI Jakarta Gandeng OPGI Gelar Diklat 3in1 Operator Mesin Industri Garmen Berbasis Kompetensi

108

JATENGPOS.CO.ID, SUKOHARJO – Balai Diklat Industri Jakarta (BDI Jakarta) Kementrian Perindustrian RI menggelar Diklat 3in1 Operator Mesin Industri Garmen Berbasis Kompetensi Onsite Angkatan 14 Tahun 2020.

Diklat 3in1 diselenggarakan Oleh Balai Diklat Industri Jakarta Kemenperin RI dengan OPGI ( Organisasi Pekerja Garmen Indonesia ) sebagai Pelaksana Diklat, diikuti 100 peserta Diklat operator mesin industri garmen untuk penempatan di PT PAN RAMA VISTA Garment Industries Sukoharjo. Dilaksanakan mulai 20 Februari – 11 Maret 2020.

Dalam sambutannya Iwan Adrian perwakilan dari BDI Jkt Kemenperin RI menyampaikan bahwa saat ini industri garmen di Indonesia membutuhkan tenaga kerja terampil dan kompeten yang siap bekerja di Industri Garmen, agar mampu bersaing di dunia kerja industri garmen.

“Dengan Program Diklat 3in1 ini (Pelatihan, Sertifikasi, dan Penempatan Kerja) diharapkan peserta diklat dapat memiliki kompetensi sesuai yg dibutuhkan industri saat ini,” kata Iwan Adrian.

Pada akhir diklat akan diadakan uji kompetensi oleh LSP BDI Jakarta, bagi yang kompeten, akan diberikan sertifikat kompetensi.

Ditambahkan Sekretaris Jenderal Donny Santoso, mewakili Stenly Ngelo, Ketua umum OPGI, yang sangat penting juga, diklat ini dapat mengubah cara bersikap para peserta, saat memasuki dunia industri garmen yang sesungguhnya. Sehingga tidak sekedar kegiatan pelatihan dan ketrampilan saja, tetapi bisa membentuk karakter SDM yang bertanggung jawab dalam pekerjaan.

Irfan Effendi Sebagai Sekjend DPD OPGI Sukoharjo Juga Menambahkan Bahwa “Para peserta diklat yang lulus akan langsung ditempatkan bekerja di PT Pan Rama Vista Garment Industries Sukoharjo,”

Pembukaan diklat, dihadiri Oleh Kepala Balai Diklat Industri Jakarta yang diwakili oleh Bp Iwan Adrian S.Kom MM, Ketua Umum OPGI yang diwakili Donny Santoso, Jajaran pengurus DPD OPGI Sukoharjo Jawa Tengah Eko Firdaus dan Irfan Effendi, dari Perusahaan PT Pan Rama Vista Garment Industries Bp Sam Agus Indriyanto, serta perwakilan Bupati Sukoharjo yang diwakili oleh Bp Suryanto, Perwakilan Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja yang diwakili Sekretaris Dinas Ibu Endang Mulyani, Kepala Dinas Sosial yang diwakili Bp Drs Rahman Budi Suryanto, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili Bp Sutarto, SPd dan perwakilan dari KADIN Sukoharjo Pandu Pradityo. (dea)