Beranda Olahraga Beban Berat The Red

Beban Berat The Red

Liverpool vs Manchester City Minggu (14/01) pukul 23.00 WIB Live RCTI & BeIN Sports 1

BERBAGI

JATENGPOS.CO.ID, LIVERPOOL- Pekan ke-23 Liga Primer Inggris menyajikan catatan yang wajib diwaspadai Sergio Aguero dan kawan-kawan. Pasalnya, Manchester City punya rekor buruk di markas Liverpool jelang pertemuan di Anfield Stadium, Minggu (14/01) malam pukul 23.00 WIB, disiarkan langsung RCTI & BeIN Sports 1.

Bermain di kandang sendiri pastinya membuat  Liverpool lebih bisa menguasai jalannya pertandingan. Mampukah Liverpool meraih hasil kemenangan dengan poin penuh di depan publiknya sendiri, atau justru Manchester City sebagai tuan tamu yang justru berhasil menaklukan tuan rumah Liverpool.
Pertandingan ini akan menjadi kesempatan emas bagi pasukan Jurgen Klopp untuk membalas kekalahan di putaran pertama lalu. Usaha revans pada pasukan Josep Guardiola ini akan didukung oleh rekor bagus Liverpool saat menjamu Manchester City di Anfield.

Belakangan ini performa Liverpool semakin membaik, tepatnya sejak pertengahan Desember. Jordan Henderson cs bahkan terlihat memiliki mental tanding yang lebih baik dari sebelum-sebelumnya.

Bisa dilihat saat lawan Leicester. Saat itu mereka bisa bangkit dan menang meski sempat tertinggal. Lalu saat melawan Burnley, The Reds nyaris ditahan imbang setelah sang lawan menyamakan kedudukan jelang laga berakhir. Akan tetapi Liverpool tak putus asa, terus menyerang dan akhirnya bisa mencetak gol kemenangan.

Hal yang sama juga terjadi saat mereka bermain melawan Everton plus saat melawan Arsenal di Emirates sebelumnya. Hal itu bisa menjadi modal yang sangat penting dalam pertandingan besar melawan City akhir pekan ini. Bagaimana pun berlaga melawan pemuncak klasemen saat ini tetap menjadi beban berat yang harus diselesaikan The Red.

Untuk pertandingan kali ini, Liverpool masih tak akan bisa berlaga dengan memakai jasa Nathaniel Clyne, Alberto Moreno, dan Jordan Henderson, yang semuanya masih cedera. Sementara itu Sturridge masih diragukan bisa bermain.

Bagusnya, ada kemungkinan Mohamed Salah bisa bermain kali ini. Ia sebelumnya disebut mengalami masalah di pangkal pahanya dan kini sudah terlihat kembali berlatih dengan rekan-rekannya. Klopp juga bakal bisa memainkan bek anyarnya yakni Virgil Van Dijk.

Beralih ke sang tamu, City. Pasukan Josep Guardiola sampai saat ini masih tak terbendung. Dalam performa terbaiknya mereka bisa menang besar atas tim manapun. Saat tak dalam performa terbaiknya sekalipun, mereka juga masih bisa meraih kemenangan.

Dalam 10 laga terakhirnya, The Citizen berhasil menang sembilan kali dan hanya imbang sekali saja. Namun satu-satunya hasil imbang itu didapat saat tandang ke markas Crystal Palace.

Untuk laga ini, Guardiola tak akan bisa memainkan Ben Mendy, Phil Foden, Vincent Kompany dan Gabriel Jesus. Semuanya tumbang karena cedera. Namun David Silva mungkin juga bisa saja absen karena masalah personal. Selain dari itu, Guardiola masih bisa memainkan komposisi pemain terbaiknya, termasuk Aguero di depan, Kevin De Bruyne di tengah dan Stones di belakang.

Rekor transfer Liverpool, Virgil van Dijk, memiliki debut mengesankan akhir pekan lalu saat ia mencetak gol kemenangan untuk meloloskan klub barunya ke putaran kempat Piala FA. Kini mereka menghadapi tes yang lebih berat saat mereka menghentikan rangkaian tak terkalahkan Manchester City di Liga Inggris.

Musim mereka sejauh ini secara umum lebih banyak dirusak oleh kegagalan pertahanan mereka untuk tampil solid. Van Dijk harus memperbaiki aspek defensif itu, tapi melawan Manchester City dia seorang tidak akan cukup.

Permainan defensif Crystal Palace yang terorganisir secara fantastis membuat mereka menjadi tim pertama yang menghentikan The Citizens menang 19 kali beruntun di Premier League di Malam Tahun Baru, namun skuad asuhan Pep Guardiola bangkit kembali dengan kemenangan nyaman melawan Watford beberapa hari kemudian. Mereka telah memenangkan 20 dari 22 pertandingan liga mereka sejauh ini, termasuk semua kecuali satu dari laga tandang mereka.

Liverpool bukan tim dengan karakteristik defensif seperti Palace. Ini berarti bahwa tuan rumah akan mencoba menyerang pemimpin Premier League, apalagi mereka punya misi balas dendam dan sangat percaya diri dengan kualitas lini depan mereka. Dan mengingat bahwa Manchester City memiliki rata-rata hampir tiga gol memasukkan per game di liga musim ini, kemungkinan besar laga ini akan menghasilkan cukup banyak gol.

Liverpool, meski tak terkalahkan dalam rangkaian yang cukup panjang, baru memenangi empat dari sembilan pertandingan terakhir mereka di liga dan Manchester City telah memenangkan sepuluh dari 11 tandang mereka musim ini.

Ini membuat The Citizens lebih banyak difavoritkan oleh banyak pihak untuk menang pada laga ini, meski hasil imbang dengan kedua tim mencetak gol juga merupakan hasil favorit.

Pertandingan ini kemungkinan akan dijalani oleh kedua tim dengan penuh energi dan tempo tinggi. Sebab keduanya akan menjalani laga ini dengan kondisi para pemain yang bugar. Liverpool memiliki waktu sekitar sepekan untuk mempersiapkan diri, sementara City meski tengah pekan kemarin baru bertanding, namun Guardiola merotasi timnya dan mengistirahatkan sejumlah pemainnya. (dot/riz)

BERBAGI