Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Belajar Ekosistem Menyenangkan dengan Media Maket

Belajar Ekosistem Menyenangkan dengan Media Maket

29
KARMIYAH, S.Pd.SD Guru SDN 03 Sungapan Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang

Pendidikan merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting untuk kesejahteraan hidupnya. Adanya pendidikan diharapkan mampu menjadikan manusia yang berkualitas baik dihadapan Allah ataupun sesamanya. Manusia yang memiliki ilmu pengetahuan akan memiliki derajat yang lebih tinggi dihadapan Allah dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki ilmu pengetahuan. Pembelajaran IPA ada yang sebagai produk dan sebagai proses, maka dalam penilaian belajar IPA pun terdapat penilaian produk atau hasil belajar dan penilaian formatif dan penilaian sumatif, sementara penilaian yang melibatkan proses belajar dikenal sebagai assesmen.

            Proses pembelajaran peserta didik kelas V SDN 03 Sungapan Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang dalam pembelajan IPA dengan Kompetensi Dasar “Ekosistem” tidak mencapai hasil yang memuaskan dengan terlihatnya hasil yang dicapai hanya 57% dari 16 siswa.

Pembelajaran Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi.

Kata media berasal dari Bahasa latin mediusyang berarti, ‘tengah’,’perantara’, atau pengantar. Hamdani (2011: 43) menyatakan “media adalah komponen sumber belajar atau wahana fisik yang mengandung materi instruksional di lingkungan siswa. Gerlach & Ely dalam Arsyad (2013: 3) mengatakan bahwa media apabila dipahami secara garis besar adalah manusia, materi, atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap.

            Media Maket adalah bentuk tiruan tentang sesuatu dalam ukuran kecil. Media maket diduga menarik perhatian siswa, karena meletakkan dasar-dasar yang konkrit, selain ini maket juga dapat menumbuhkan keterampilan berpikir kritis karena melalui media maket siswa dapat menemukan jawaban dari suatu permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran. Maket yang didesain dengan baik akan memberikan makna yang hampir sama dengan benda aslinya, dengan melihat benda yang hampir sama dengan benda aslinya diharapkan akan memudahkan siswa dalam mengingat, menambah wawasan siswa, dapat menguatkan konsep siswa serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa.

            Pada umumnya maket diartikan sebagai bentuk model miniatur dari desain bangunan yang dirancang atau yang akan dibangun. Untuk itu dalam menampilkan media maket ini dapat dipadukan dengan model pembelajaran yang tepat yang dapat melibatkan siswa dalam pembelajaran, sehingga kemampuan berpikir kritis siswa dapat dikembangkan melalui kajian yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, khususnya pada lingkungan ekosistem sekitar

            Pembelajaran dengan menggunakan media maket terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran Ekosistem berdasarkan perhitungan hasil evaluasi memberikan pengaruh yang positif. Siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media maket memperoleh peningkatan rata-rata skor keterampilan berpikir kritis yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Tingkat kecenderungan keterampilan berpikir kritis siswa yang mengikuti model pembelajaran dengan media maket berada dalam kualifikasi baik atau berpikir kritis yaitu 95%.

            Dengan demikian penulis menyimpulkan bahwa pembelajara IPA dengan Kompetensi Dasar “ Ekosistem “ akan lebih menyenangkan peserta didik dengan menggunakan Media Maket.

 

Oleh:

KARMIYAH, S.Pd.SD

Guru SDN 03 Sungapan Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang