Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Belajar IPS Pasti Menyenangkan

Belajar IPS Pasti Menyenangkan

Terhambat Registrasi Bank, Belum Bisa Akad Kredit

28
BERBAGI
Baninah, S. Pd Guru MTs Ma’arif 03Sojokerto Leksono Wonosobo
Baninah, S. Pd Guru MTs Ma’arif 03Sojokerto Leksono Wonosobo

WONOSOBO – Pelajaran IPS memuat banyak materi pelajaran yang kadang membuat siswa bosan bahkan ngantuk kalau di ajar,maka merupakan tantangan bagi guru IPS di tingkat Madrasah Tsanawiyah {MTs} untuk membuang image tersebut. Termasuk di Madrasah Tsanawiyah (MTs} tempat tugas penulis, mayoritas peserta didiknya berasal dari wilayah desa yang jauh dari pusat keramaian. Hal ini kadang menyebabkan peserta didik sudah capek sebelum mengikuti pelajaran karena perjalanan yang cukup jauh dan medan yang sulit. Mapel IPS materi kebanyakan hafalan dan pemahaman,  proses kegiatan belajar mengajar {KBM} pun lebih banyak di dominasi oleh guru, siswa lebih banyak mendengarkan. Dengan latar belakang yang seperti itu maka tantangan besar bagi penulis untuk menjadikan IPS mapel favorit yang tidak membosankan, mengantukkan bahkan menyebalkan.

Dengan ada banyak ragam metode belajar di kelas, guru bisa menerapkan dan mempraktekkan secara bergantian. Misalkan di Madrasah tsanawiyah {MTs} tempat tugas penulis,sebelum kegiatan belajar mengajar {KBM} di mulai siswa di wajibkan membaca materi yang akan di bahas pada pertemuan tersebut selama 5 menit. Saking hafalnya siswa setiap ganti pelajaran begitu guru masuk siswa sedang membaca. Kendalanya di Madrasah kami buku paket IPS kelas 8 dan kelas 9 belum punya, siswa hanya memiliki diktat yang materinya terbatas. Setelah lima menit membaca, guru melaksankan pre test bagi siswa yang bisa menjawab akan mendapatkan hadiah pulpen,pensil,lebel bahkan jajanan ringan. Yang membuat siswa antusias hadiah-hadiah tersebut walau nominalnya kecil. Saat kegiatan belajar mengajar {KBM} berlangsung seringkali siswa saya buat kelompok kecil untuk mempresentasikan materi pelajaran yang sedang di pelajari, setelah sebelumnya materi penulis bagi untuk masing-masing kelompok.

Saat kerja kelompok semua anggota di pastikan aktif dan memiliki bagian untuk mempresentasikan di depan kelas, karena penilaian individu tapi kerja secara kelompok dengan cara seperti itu setiap anak akan berusaha menghafal dan memahami materi pelajaran yang menjadi bagiannya, karena siapa yang lebih banyak hafal dialah yang akan mendapatkan hadiah dari guru. Sekali dua kali siswa juga belajar di alam terbuka menyesuakan materi pelajaran,saat mempelajari relief bumi kita ajak anak-anak ke luar sekitar lingkungan madrasah untuk melihat reliaf bumi yang ada di sekitarnya, kadang juga anak pergi ke pasar tradisional untuk melihat situasi pasar yang sesungguhnya sekalian latihan belanja dengan nominal yang telah di tentukan.

Pembelajan dengan menggunakan liquid crystal display {LCD} juga sangat di tunggu oleh siswa karena menurut mereka tidak bikin ngantuk,pada saat materi tentang perjuangan merebut ataupun mempertahankan kemerdekaan siswa akan di putarkan film perjuangan yang ada hubungannya dengan visi madrasah. Saat pembelajaran dengan menggunakan liquid crystal display {LCD} di akhir pembelajaran biasanya di lakukan latihan soal yang mengacu pada materi yang baru saja di bahas, siapa saja anak yang bisa menjawabnya menulis langsung di laptop yang jawabannya langsung  di lihat dan di koreksi temannya. Saat berlomba maju ke depan untuk menulis jawaban di laptop siswa antusias sekali,karena memang di madrasah kami jumlah komputernya sedikit,sehingga menulis di laptop merupakan hal yang sangat di dambakan oleh siswa. Ternyata praktek pembelajaran yang mungkin sederhana dan mudah di lakukan itu sangat di sukai oleh anak-anak,sehingga image IPS sebagai mapel yang membosankan dan mengantukkan sedikit demi sedikit terkikis di madrasah kami.

Mapel IPS sudah membuat siswa senang dan selalu di tunggu kehadirannya di kelas,apalagi dengan hadiah yang di bawanya guru,sudah menjadi daya tarik sendiri di awal pembelajaran. Namun penampilan guru serta ketepatan waktu juga harus diperhatikan, guru IPS harus bisa berpenampilan menarik datang dan keluar kelas tepat waktu, harus bisa bersikap adil kepada seluruh siswa.

Oleh : Baninah, S. Pd

Guru MTs Ma’arif 03Sojokerto Leksono Wonosobo

BERBAGI