Beranda Jateng Belum Selesai, Jembatan Gambiran Sragen Nekat Dibuka

Belum Selesai, Jembatan Gambiran Sragen Nekat Dibuka

BERBAGI
Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan Wabub Dedi Endriyatno saat buka kembali jembatan Gambiran. (ARI SUSANTO/ JATENGPOS)

JATENGPOS.CO.ID, SRAGEN – Pembangunan jembatan Gambiran, Sragen kota, Sragen yang baru jadi satu sisi terpaksa dibuka lebih dulu. Kebijakan itu diambil untuk memperlancar arus lalu lintas mudik lebaran.

Perbaikan dengan anggaran Rp 2,4 miliar itu akan dilanjutkan sisi berikutnya, usai arus balik lebaran.

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, membuka penggunaan kembali Jembatan Gambiran sisi selatan setelah sebulan terakhir menjalani perbaikan berat karena patahnya balok girder.

Bupati mengapresiasi kesigapan jajaran DPUPR dalam mengatasi kerusakan Jembatan Gambiran yang belum masuk program perbaikan dalam APBD penetapan tahun 2018.

Dalam situasi darurat, menurut dia dibutuhkan sebuah terobosan agar apa yang diharapkan bisa diraih. Termasuk meminta izin DPRD untuk mengajukan dana mendahului anggaran perubahan 2018.

“Kebutuhan mendesak harus bisa melakukan sebuah terobosan apa pun risikonya, termasuk meminta izin mendahului anggaran. Sebab kebutuhan perbaikan jembatan ini sangat vital,” tutur dia.

Yuni, panggilan akrabnya, berharap dengan telah difungsikannya kembali Jembatan Gambiran, arus mudik dan balik Lebaran 2018, utamanya yang melalui wilayah Sragen bisa berjalan lancar.

Sedangkan Kepala DPUPR Sragen, Marija, menjelaskan perbaikan Jembatan Gambiran total Rp 2,4 miliar. Namun karena waktu mendesak, pembangunan di lakukan sisi selatan terlebih dahulu.

“Sedangkan untuk sisi utara akan dilanjutkan usai lebaran. Semua pengerjaan dijadwalkan 4 bulan. Untuk pengerjaan sisi selatan, dilakukan obat pengeras cor, sehingga masa pengeringan tidak perlu 21 hari, namun cukup 15 hari,” tandas Marija.

Dijelaskan Marija, selain perbaikan jembatan Gambiran, untuk jalan Sragen semuanya siap digunakan untuk arus lebaran, dengan anggaran biaya perbaikan Rp 5 miliar. (hfd/ars)

BERBAGI