Beranda Edukasi Sekolah Hebat Bergerak Bersama Membangun Budaya Literasi

Bergerak Bersama Membangun Budaya Literasi

SDN Jomblang 03 Kecamatan Candisari

110
SALING KERJASAMA: Kepsek dan guru SDN Jomblang 03 foto bersama di sela aktivitasnya, belum lama ini.

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Tugas utama siswa adalah belajar dan harus tetap membiasakan diri gemar membaca buku. Namun, terkadang ditengah kemajuan teknologi seperti sekarang ini kebiasaan membaca buku sering terlewatkan oleh para siswa khususnya di sekolah dasar.

Mereka lebih asyik bermain dengan gadget atau main game elektronik di rumah. Guna mencegah kebiasaan ini, sekolah juga perlu membuat strategi khusus agar anak didik gemar membaca.

Seperti yang dilakukan SD Negeri Jomblang 03, saat ini sedang gencar melakukan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Kegiatan ini merupakan sebuah upaya untuk membangun kembali budaya membaca terutama bagi anak-anak di sekolah dasar seluruh tanah air.

“Gerakan ini mengajak anak-anak untuk gemar membaca buku, biar tidak terjebat pada rutinitas permainan game onlie ditengah perkembangan gadget yang semakin pesat,” tegas Darsimah SPd, Kepala SDN Jomblang 03 Kecamatan Candisari, kemarin.

Menurutnya, sekarang ini banyak anak-anak yang mulai meninggalkan budaya membaca karena ini dianggap sudah tidak tren lagi di era digital saat ini. Padahal untuk menghadapi tuntutan zaman di abad 21, keterampilan membaca sangat dibutuhkan untuk memahami informasi secara analitis dan kritis.

“Meskipun perkembangan teknologi informasi terus berkembang, membuat kami sebagai warga sekolah ingin semakin bersemangat dengan membudayakan gerakan literasi di sekolah. Hal ini diperkuat dengan memasukkan gerakan literasi menjadi salah satu pembiasan yang diadakan sebelum siswa melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) tepatnya setiap hari Sabtu,” urainya.

Darsimah mengatakan, kegiatan literasi ini juga tidak hanya melibatkan siswa tetapi seluruh warga sekolah baik kepala sekoah, guru dan karyawan, serta orang tua wali murid. Dengan dilaksanakan pembiasan literasi ini diharapkan dapat menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan dan ramah anak agar warga sekolah mampu menambah pengetahuan.

“Di tempat kami, selain kegiatan literasi pembiasaan yang dilakukan di sekolah juga ada pembacaan Asmaul Husna setiap Selasa, kemudian menyanyikan lagu wajib nasional dan lagu daerah setiap Rabu. Kemudian ada budaya bahasa jawa setiap Kamis, dan senam sehat dilakukan setiap Jumat,” terangnya.

Ditambahkan, kegiatan rutin setiap minggu ini selalu dilaksanakan dengan harapan dapat membentuk siswa yang berkarakter. Siswa yang sehat rohani dan jasmani dapat memberikan kontribusi yang besar bagi diri sendiri, keluarga dan sekolah.

“Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan siswa-siswa di SDN Jomblang 03 yang sering mendapat prestasi di berbagai lomba yang diikuti,” pungkasnya. (doc/sgt)