Beranda Nasional BJ Habibie Wafat, Negara-negara Belanda, AS, Kanada, dan Qatar Sampaikan Ucapan Duka

BJ Habibie Wafat, Negara-negara Belanda, AS, Kanada, dan Qatar Sampaikan Ucapan Duka

107
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi (kanan) menerima Dubes Qatar untuk Indonesia Ahmed bin Jassim Al-Hamar (kiri) yang berpamitan sekaligus menyampaikan bela sungkawa atas wafatnya Presiden RI ke-3 BJ Habibie di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis. Twitter @Menlu_RI

JATENGPOS.CO.ID, Jakarta – Sejumlah perwakilan dari negara sahabat seperti Belanda, Amerika Serikat, Kanada, dan Qatar menyampaikan ucapan duka cita atas wafatnya Presiden RI ke-3 BJ Habibie yang berpulang pada usia 83 tahun di Jakarta, Rabu malam.

Duta Besar Kerajaan Belanda untuk Indonesia Lamber Grijns melalui akun resmi media sosial Twitternya @LambertGrijns mengunggah foto hitam putih BJ Habibie seraya menyampaikan bela sungkawa atas kepergian presiden RI ke-3 itu.

“Kami turut berduka cita atas meninggalnya, Presiden Ketiga Indonesia, B.J. Habibie. Selamat jalan, Pak Habibie. #BJHabibie,” kata Grijns dalam Bahasa Indonesia.

Kedutaan Besar AS untuk Indonesia lewat akun resmi Twitternya @usembassyjkt juga menyampaikan ucapan duka dan mendoakan agar keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

“Pemerintah dan rakyat Amerika turut berdukacita atas meninggalnya mantan Presiden RI #BJHabibie. Doa kami menyertai seluruh keluarga yang ditinggalnya. – #DubesDonovan,” kata Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr lewat akun Twitter Kedubes AS.

Selain Belanda dan AS, ucapan duka turut disampaikan dari Duta Besar Kanada untuk Indonesia Peter Macarthur dan Dubes Qatar untuk Indonesia Ahmed bin Jassim Al-Hamar.

Ucapan duka disampaikan Macarthur saat ia berpamitan ke Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di kantornya, Kamis.

Dalam cuitan di akun resmi Twitternya @Menlu_RI, Retno menyampaikan Dubes Macarthur menyampaikan ucapan bela sungkawa atas wafatnya Presiden ke-3 RI BJ Habibie.

Selepas pertemuan dengan Macarthur, Retno juga menerima ucapan bela sungkawa dari Dubes Qatar Al-Hamar yang mendatangi Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis untuk berpamitan.

“Dubes Al-Hamar menyampaikan rasa duka mendalam kepada mendiang Presiden RI ke-3, Bapak BJ Habibie. Bon voyage Ambassador!,” kata Retno.

BJ Habibie wafat di Jakarta pada pukul 18.05 WIB, Rabu di Jakarta. Jasadnya dikebumikan tepat di samping pusara istrinya, Hasri Ainun Besari, di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada Kamis siang. (fid/ant)