Beranda Jateng BMKG: Siklon Dahlia Menjauhi Indonesia ke Australia

BMKG: Siklon Dahlia Menjauhi Indonesia ke Australia

467
Kepala BMKG Pusat, Dwikorita Karnawati.

JATENGPOS.CO.ID, SLEMAN – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis posisi terakhir siklon tropis Dahlia. Diketahui posisi siklon ini yang mulai menjauh dari wilayah Indonesia hari ini.

Berdasar hasil pemantauan Stasiun Klimatologi, siklon tropis Dahlia Jumat siang sempat terpantau berada di Samudera Hindia. Tepatnya di sebelah selatan Jawa Tengah sekitar 10.2LS, 109.6BT, berada di sekitar 290 km selatan barat daya Cilacap.

“Saat ini kecepatan maksimum 95 km/jam, bergerak ke timur tenggara menjauhi Indonesia, ke arah Australia,” kata Kepala BMKG Pusat, Dwikorita Karnawati, kepada wartawan di kantor BMKG Stasiun Klimatologi Mlati Yogyakarta, Jumat (1/12).

Meski siklon tropis Dahlia sudah mulai menjauh dari Indonesia, namun BMKG tetap meminta masyarakat untuk waspada. Karena masih ada beberapa dampak yang berpotensi muncul mempengaruhi kondisi cuaca. Di antaranya hujan sedang hingga lebat di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali. Lalu potensi angin kencang lebih dari 37 km/jam di seluruh wilayah Pulau Jawa.

Kemudian potensi gelombang hingga 4 meter di perairan barat Kepulauan Mentawai hingga Bengkulu, laut Jawa bagian tengah, dan perairan utara Jawa Tengah. Gelombang 4-6 meter di perairan selatan Banten hingga Jawa Tengah, dan gelombang hingga 7 meter di Samudera Hindia Selatan Jawa Tengah hingga Jawa Timur.

“Secara umum masyarakat tetap diimbau waspada potensi bencana banjir, longsor, angin kencang, kenaikan gelombang laut,” imbuh Dwikorita.(dtc/udi)