Beranda Semarang Bondan Prioritaskan Pembangunan di Daerah Pinggiran

Bondan Prioritaskan Pembangunan di Daerah Pinggiran

BERBAGI
Anggota DPRD Kabupaten Semarang Bondan Marutohening dari Fraksi PDIP saat mengadakan reses di Balai Desa Derekan, Pringapus, Kabupaten Semarang. FOTO:ABDUL MUIZ/JATENGPOS

JATENGPOS.CO.ID. UNGARAN- Anggota DPRD Kabupaten Semarang Bondan Marutohening melaksanakan reses di Balai Desa Derekan, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, Jumat (15/12) siang. Dalam kesempatan itu, politisi Partai PDIP ini menyampaikan seputar tugas pokok dan fungsi (tupoksi) DPRD Kabupaten Semarang dalam merealisasikan aspirasi masyarakat.

Bodan mengatakan ada beberapa hal yang perlu diketahui masyarakat terkait dengan kegiatan Pemkab Semarang, dan tupoksi anggota dewan dalam menjalankan tugas sebagai wakil rakyat.

Kesempatan tersebut juga digunakan untuk menyerap aspirasi masyarakat setempat, begitu juga yang dilakukan di daerah pemilihannya yakni Dapil 2 Kabupaten Semarang yang meliputi Kecamatan Pringapus, Kecamatan Bawen, dan Kecamatan Tuntang.

“Kita sosialisasikan tupoksi anggota DPRD yang berkaitan dengan program kegiatan pemerintah daerah. Masyarakat harus tahu dan memahami tupoksi dewan, agar mereka tidak takut menyampaikan aspirasi, kami akan menindaklanjuti dalam pembahasan untuk merealisasikan,” ujar Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Semarang ini kepada Jateng Pos, kemarin.

Realisasi aspirasi tahun ini juga tidak lepas dari bahasan Bondan sebagai bahan evaluasi sekaligus mengurai upaya pencapaian di tahun anggaran mendatang. Diantaranya memberi arahan kepada masyarakat akan pentingnya menjalankan pembangunan sinergis antara pemerintah daerah dan pemerintah desa.

“Kedepan perlu dibuat plaining pembangunan yang terencana, seperti bagian  mana yang bisa dikerjakan pemerintah desa melalui dana desa. Sebaliknya mana yang harus dilakukan pembangunan menggunakan APBD oleh pemerintah daerah,” jelasnya.

Melalui program pembangunan yang terencana antara desa dan pemerintah daerah, lanjut Bondan, penyerapan dana APBD juga bisa berjalan secara maksimal. Namun jika ada kendala-kendala maka dewan akan menjalankan tupoksi untuk mencarikan solusi.

“Untuk itu hasil aspirasi masyarakat melalui reses ini akan kita catat untuk menjadi bahan kajian di tahun anggaran 2018,” tandas legislator yang mempunyai hobi Trabas bersama komunitas motor tril ini.

Masyarakat dan tokoh masyarakat berbaur mengikuti reses anggota DPRD Kabupaten Semarang Bondan Marutohening

Dalam kesempatan ini Bodan juga menyampaikan tentang rencana aspirasi 2018. Terutama tentang pembangunan infrastruktur yang akan dikerjakan di Dapil 2 khususnya di Kecamatan Pringapus. Rencana itu berkesinambungan dengan aspirasi masyarakat di daerah pinggiran yang mengeluhkan banyak jalan rusak, jembatan tidak memadai, dan lampu penerangan yang masih kurang.

“Mereka menginginkan akses jalan rusak diperbaiki, dan jalan yang masih berupa tanah di aspal. Masalah penerangan jalan juga mereka sampaikan, meminta agar segera ditambah karena jalan gelap rawan kejahatan. Kita tampung semua aspirasi tahun depan akan kita prioritaskan dan perjuangan agar terealisasi,” tegas Bondan.

Hadir dalam kegiatan reses tersebut ratusan warga setempat, tokoh masyarakat, Kepala Desa Derekan, dan sejumlah pengurus PAC PDIP di Dapil 2. (muz/biz)

BERBAGI