Beranda Jateng Borobudur Dibersihkan dari Abu Tipis Merapi

Borobudur Dibersihkan dari Abu Tipis Merapi

BERBAGI

JATENGPOS.CO.ID, MAGELANG – Petugas Balai Konservasi Borobudur Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, membersihkan Candi Borobudur dari abu Gunung Merapi hasil letusan freatik, Kamis.

“Tidak terlalu banyak, tipis saja (abu Merapi yang sampai Candi Borobudur, red.), akan dibersihkan secara manual dengan disapu dan menggunakan ‘vacum’ (vacum cleaner, red.), tidak terlalu banyak,” kata Kepala Seksi Pelayanan Konservasi BKB Iskandar yang dihubungi di Magelang, Kamis.

Ia menyebut letusan freatik Gunung Merapi pada Kamis pukul sekitar 03.00 WIB dengan ketinggian kolom asap sekitar 6.000 meter ke arah barat dan durasi empat menit mengakibatkan hujan abu turun di Candi Borobudur pada sekitar pukul 04.00 hingga 04.30 WIB.

Sejak terjadi letusan freatik Merapi, pihaknya mengumpulkan sampel abu dari gunung tersebut yang turun di Candi Borobudur untuk diteliti guna menganalisa dampaknya terhadap batuan Candi Borobudur.

“Dari kemarin kita teliti, kita kumpulkan, dianalisis untuk mengetahui kandungan abu, Ph-nya berapa, untuk mengetahui dampaknya ke candi,” katanya.

Pihaknya juga telah menyiapkan antisipasi penanganan Candi Borobudur jika terjadi peningkatan lagi atas status aktivitas Gunung Merapi. (hfd/ant)

BERBAGI