Beranda Ekonomi Bukalapak Dorong Santri Melek Bisnis Digital

Bukalapak Dorong Santri Melek Bisnis Digital

BERBAGI

JATENGPOS.CO.ID, JOMBANG – Bukalapak, situs belanja dan jual beli dalam jaringan/daring menggandeng Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, dalam program pelatihan pada santri, yang dikemas sebagai acara “UKM Goes Digital”.

Strategic Advisor Bukalapak, Muhammad Isa, Sabtu di Jombang mengemukakan, kegiatan ini sebagai bagian dari dorongan kepada para santri agar mereka melek teknologi dan berdaya.

“Penetrasi penggunaan daring di Indonesia mengubah perilaku belanja masyarakat yang semula masih offline menjadi online. Kami melihat adanya potensi dari para santri dan civitas akademika serta masyarakat di sekitar Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, untuk menjadi pebisnis daring,” katanya dalam acara itu.

Komunitas Bukalapak, katanya, ingin berbagi wawasan dan pengetahuan dengan para santri tentang pentingnya “Go digital” bagi para pebisnis yang ingin sukses. Narasumber dihadirkan untuk berbagi tips dan trik menghadapi tantangan dan risiko berbisnis daring.

Isa juga mengatakan, saat ini Bukalapak fokus menjalin kerja sama dengan beberapa institusi pendidikan seperti pesantren untuk menyebarkan wawasan tentang berbisnis di era digital. Kerja sama dengan Pesantren Bahrul Ulum ini merupakan salah satu rangkaian dari program pemberdayaan ekonomi masyarakat Muslim di Indonesia.

Ia berharap, kemitraan ini akan terus berjalan dengan pihak-pihak lainnya agar jangkauan misi untuk memberdayakan UKM di Indonesia bisa lebih luas lagi.

“Dari pelatihan ini diharapkan bermanfaat untuk perkembangan ekonomi digital di lingkungan pesantren,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Kabupaten Jombang KH Wafiyul Ahdi mengatakan kegiatan ini cukup positif, sebab bisa menanamkan semangat kemandirian untuk para santri.

“Kami selalu menanamkan semangat kemandirian kepada para santri. Kemandirian mereka bisa diwujudkan dengan menjadi pebisnis yang berjualan secara jujur, berkah dan bermanfaat,” kata dia.

Acara itu diikuti para santri di pesantren tersebut. Mereka juga sangat antusias iktu acara itu dan ikut acara hingga selesai. (drh/ant)