Beranda Hiburan Bunga Bangsa Rilis Single “Panggrantesing Jagad”

Bunga Bangsa Rilis Single “Panggrantesing Jagad”

37
SINGLE ANYAR: Gilang Ramadhan (dua kanan) maestro drum, memberikan keterangan seputar materi single musisi belia Bunga Bangsa (kiri), di Kawasan Kota Lama Semarang. Foto : DWI SAMBODO/JATENG POS.
SINGLE ANYAR: Gilang Ramadhan (dua kanan) maestro drum, memberikan keterangan seputar materi single musisi belia Bunga Bangsa (kiri), di Kawasan Kota Lama Semarang. Foto : DWI SAMBODO/JATENG POS.

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Mengususng tema alam yang mengisahkan kesedihan bumi atas perilaku manusia dalam merusak ekosistem kehidupan, menjadi materi single anyar musisi muda berbakat bernama ” Bunga Bangsa “, salah satu ( drumer profesional) wanita di Tanah Air.

Single karya lagu berjudul ” Panggrantesing Jagad ” sebuah mahakarya komposisi musik cross culture antara Progresive Metal dan Etnis Jawa, mampu di kemas oleh Bunga Bangsa menjadi insrumen dan lagu berkelas penuh nuansa musik seni budaya.

Berbalut genre gado-gado musik rock dengan langgam Jawa dari berbagai jenis alat musik diantaranya ( saron, demung, bonang, gong dan gendher) serta alunan set alat musik modern (drum, gitar dan lainya). Karya lagu anyar tersebut, diharap mampu menjadi inspirasi masyarakat luas untuk bisa menjaga bumi dari berbagai ancaman kerusakan.

Tak tanggung-tanggung, single terbaru tersebut, juga digawangi beberapa musisi profesional Indonesia. Salah satunya adalah Gilang Ramadhan yang dikenal sebagai drumer gaek dan musisi legendaris Tanah Air.

Dikatakan, Bunga Bangsa, karya lagu singlenya tersebut, menjadi sebuah mahakarya atas eksistensinya didunia musik meski ia masih berusia belia (14 tahun).

” Bersama para senior musik, yang menjadi mentor saya dalam bermusik, saya mencoba untuk menggali kemampuan dalam sebuah mahakarya kolaborasi genre musik. Dalam lagu tersebut, Lirik dan aransemen musik kental dengan budaya Jawa menjadi konsep utama yang kami usung,”ujarnya, disela persiapan performa merilis single barunya, di Kawasan Kota Lama Semarang, Sabtu (10/1) malam pekan lalu.

Gilag Ramadhan sang maestro musik (drum), mengaku bangga dan terus mendukung salah satu anak didiknya yakni Bunga Bangsa. Dalam usia belia mampu menghasilkan mahakarya kolaborasi musik berkelas.

“Menjadi sebuah kebanggaan, dalam usia muda Bunga Bangsa mampu berkarya dan eksistensinya dalam bermusik layak diperhitungkan. Apa lagi karya lagu terbarunya tersebut, mengangkat isu kerusakan bumi dan mengajak masyarakat untuk melestarikan alam,”terangnya.

Gilang Ramadhan berpesan, untuk generasi musik harus mampu berkarya yang dapat memberikan efek positif dalam melestarikan budaya, bahasa dan musik Indonesia. Seperti yang tertuang dalam karya musik ” Pranggantesing Jagad ” yang mengangkat budaya Jawa. (ucl/jan)