Beranda Jateng Pantura Timur Cakades Rembang Berkomitmen Gelar Pilkades Damai

Cakades Rembang Berkomitmen Gelar Pilkades Damai

139
BERBAGI
Komitmen menyelenggarakan Pilkades damai secara simbolis dikukuhkan puluhan kepala desa di Kabupaten Rembang dengan menandatangani nota deklarasi dihadapan Bupati dan Kapolres Rembang. FOTO: AHMAD SHOFA/JATENGPOS.CO.ID

JATENGPOS.CO.ID, REMBANG – Sebanyak 21 calon kepala desa (Cakades) mengikuti deklarasi damai saat penyelenggaran pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2017, di gedung Setda Rembang belum lama ini.  Peserta deklarasi berasal dari 8 desa di 7 kecamatan di Kabupaten Rembang.

Selain itu, deklarasi dihadiri para panitia pengawas kecamatan dan pengawas kabupaten, Bupati Rembang Abdul Hafidz dan jajaran Forkompinda.

Bupati Abdul Hafidz saat pengarahan berpesan kepada para calon kades yang tidak terpilih, untuk berlapang dada dan tetap mendukung calon kepala desa yang memenangkan pemilihan.

“Jangan sampai dengan situasi pemilihan ini, menimbulkan konflik baru antar calon di desa masing-masing. Untuk calon kepala desa yang tidak terpilih untuk tetap berlapang dada dan mendukung semua program yang akan dilakukan kepala desa yang terpilih, ” pinta Bupati Hafidz.

Hafidz juga berharap penyelenggaraan Pilkades serentak tahun ini,  berlangsung aman, damai dan tanpa terjadi kericuhan dimasing-masing desa.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Rembang Subakti   menambahkan,  deklarasi Pilkades damai sebagai bentuk antisipasi terjadinya konflik horizontal yang akan timbul. Baik sebelum maupun pada saat pelaksanaan Pilkades di masing-masing desa.

Menurut Subakti, maksud dan tujuan penyelenggaraan deklarasi damai untuk menciptakan kondisi dan situasi desa khususnya di Kabupaten Rembang.

“Selain itu, memberikan penjelasan dan pengarahan kepada calon agar dapat melaksanakan Pilkades sesuai hukum dan perundang-undangan yang berlaku,” imbuhnya.

Sekedar diketahui, calon Kades dari 8 desa yang mengikuti deklarasi damai Pilkades serentak 2017,  diantaranya dari Desa Samaran Kecamatan Pamotan 2 calon,  Desa Glebeg Kecamatan Sulang  2 calon, Desa Landoh Kecamatan Sulang 5 calon dan Desa Kebloran Kecamatan Kragan 2 calon.

Kemudian Desa Bonang Kecamatan Lasem 4 calon, Desa Logung Kecamatan Sumber 2 calon,  Desa Ngroto Kecamatan Pancur 2 calon, Desa Karangmangu Kecamatan Sarang 2 calon.

Sedangkan terkait persiapan pengamanan Pilkades dari pihak Polres Rembang,  pihak Kapolres Rembang sudah siap mengamankan jalannya pesta demokrasi di tingkat desa. Polres juga telah melatih seluruh personilnya melalui simulasi Pilkades yang digelar di Halaman Polres Rembang.(sov/rif)