Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Cakram Pemburu Waktu

Cakram Pemburu Waktu

190
Prihdiyatmi.S.Pd Guru SMP N I Slogohimo
Prihdiyatmi.S.Pd Guru SMP N I Slogohimo

JATENGPOS.CO.ID, – Ibadah haji sebagai rukun Islam ke lima sedang  di tempuh  calon tamu – tamu Alloh,mereka  mulai berdatangan di tanah suci Mekah Al Mukorramah  memenuhi panggilanNYA. Mereka tinggalkan rumah , tinggalkan  sanak  keluarga tercinta , tinggalkan kesibukan – kesibukan  kantor  dan kesibukan lainnya. Hanya dengan komunikasi  mereka menjembatani kepergian mereka dengan orang – orang  yang ditinggalkan . Komunikasi  dengan berbagai alat   akan  memdekatkan  mereka yang sedang ber jauhan, bisa menyelesaikan masalah –masalah dari jarak jauh

Terkadang  yang menjadi hambatan komunikasi  adalah  perbedaan waktu antara negara Arab Saudi  dan negara Indonesia . Kapan kita harus berkomunikasi pada saat yang tepat , sedang tidak apa aktivitas apapun , atau  saat ini sedang beribadah , atau sedang rehat. Kendala ini  disebabkan karena perbedaan waktu antara daerah – daerah yang mempunyai perbedaan garis bujur .

Masalah ini menjadi suatu halangan dalam memudahkan  berkomunikasi . Perbedaan waktu di  sebabkan pengaruh rotasi bumi merupakan materi Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) kelas IX .Perbedaan waktu di karenakan bumi kita berbentuk bulat mengalami perputaran pada porosnya atau di sebut rotasi  setiap 24 jam .Bumi kita di bagi menjadi 2 belahan yaitu belahan barat disebut Bujur Barat ( BB) dan belahan timur disebut Bujur Timur ( BT ) ,maka seluruh negara di dunia mempunyai letak geografis sendiri –sendiri , inilah yang mempengaruhi perbedaan waktu di  setiap negara. Pun ketika para jamaah haji di benua asia tengah dengan letak geografis berbeda dengan  negara Indonesia ,menyebabkan perbedaan  waktu .Secara teori Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )kita harus  mengetahui letak  garis bujur  negara   di suatu negara  , letak negara tersebut di antara  garis bujur barat atau garis bujur timur ,  kemudian menghitung  selisih garis  bujur  dengan daerah  tempat tinggal kita  dan membagi  angka 15  , setelah angka kita peroleh selanjutnya di kurangkan atau tambahkan dari waktu terjadinya di  kota tersebut, maka akan kita ketahui pukul berapa saudara  di seberang sana  dan aktivitas apa  yang beru dikerjakan , agak rumit cara  untuk menyelesaikan hal tersebut ?

Karena itu Ilmu Pengetahuan Alam sebagai suatu ilmu yang berperan dalam kehidupan ini di harapkan bisa menyelesaikan permasalahan –permasalahan yang terjadi , suatu alat sangat dibutuhkan untuk mengetahui secara cepat  dan tepat  perbedaan waktu di seluruh dunia akibatrotasi bumi  .Menjadi tantangan tersendiri bagi seorang  guru Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA) dalam mengatasi hal tersebut.  Bagaimana cara menemukan penyelesaian masalah tersebut. Oleh sebab  itu seorang  guru Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) berinisiasi  membuat alat peraga  yang dapat membantu siswa maupun orang umum menyelesaikan permasalahannya.

Sebuah alat peraga ‘Cakram pemburu waktu’ , merupakan sebuah alat sederhana  yang di harapkan dapat membantu siswa atau pun orang secara umum untuk  mengetahui dengan cepat dan tepat perbedaan waktu di seluruh penjuru dunia akibatperistiwa  rotasi bumi.Cakram pemburu waktu merupakan alat yang sangat mudah dibuat  dan mudah digunakan  oleh  siswa maupun orang umum.

Cara membuatnya  sangat mudah ,  guntinglah  kertas dengan bentuk lingkaran  seolah-olah  kita melihat  bumi   bentuk 2 dimensi , ujung tepi  keliling lingkaran tersebut dibagi menjadi 24 skala . Bagian ujung   tepi keliling  lingkaran di tulis  urutan angka dari 0  sampai 24  sesuai  skala , sebagai jumlah   waktu dalam satu hari .Karena bumi kita  mengalami  sekali berputar pada porosnya ( rotasi ) satu  kali membutuhkan waktu  24 jam . Hal tersebut akanmempermudah anak mengetahui konsep  rotasi bumi   satu kali selama  24 jam ( satu hari ) Kemudian buat lagi  satu guntingan kertas berbentuk lingkaran dengan ukuran lebih besar, bagilah lingkaran tersebut menjadi 2 belahan yaitu  belahan  kiri dan belahan kanan, yang merupakan    bagian bujur barat bumi di belahan kiri dan  bagian  bujur timur bumi di belahan kanan.. Kemudian ambil alat bantu berupa bujur  , tentukan titik 0 sebagai titik pertemuan Bujur Barat ( BB ) dan Bujur Timur (BT)  selanjutnya  buatlah skala di tepi ujung keliling lingkaran tersebut pada daerah Bujur Barat  maupun pada daerah Bujur Timur ( BT) dengan angka  kelipatan 15  mulai  0,15,.30,45 dan seterusnya sampai 180 . Titik 0  sebagai pusat  garis bujur terletak di negara inggris  yang  disebut    ( GMT )  , selanjutnya  menggambarkan bahwa bumi terbagi menjadi 2 belahan yaitu Belahan Barat ( BB ) dan Belahan Timur ( BT )  berbentuk lingkaran yang mempunyai 360  bujur derajat .Kenapa kelipatan harus  15 ? , karena  bumi kita berbentuk lingkaran  yang membentuk  sudut sebesar 3600  , dan berputar  pada porosnya ( rotasi ) selama satu hari  atau 24 jam, 24 sebagai pembagi 360 0 hasilnya adalah 15 .

Cara penggunaan “ Cakram Pemburu Waktu “ juga sangat mudah bagi siswa maupun orang umum,  tinggal kita menyusun dengan cara meletakkan cakram yang lebih kecil di atas cakram yang lebih besar,  segera akan kita lihat  kedudukan  daerah – daerah dengan garis bujur yang berbeda mempunyai waktu yang berbeda pula. Selanjutnya untuk mencari waktu yang sesuai pada suatu daerah di bumi belahan lain ,dengan cara memutar salah satu cakram  menyesuaikan  waktu dan garis bujur kota atau negara  yang  dikehendaki   , maka akan terlihat kedudukan waktu yang berbeda  berpasangan dengan garis bujur  berbeda di seluruh belahan bumi,. Cakram yang diputar menggambarkan bahwa bumi kita berputar pada porosnya , ini sangat cepat dan tepat  sekali  di kerjakan

.Kita tidak  membutuhkan waktu yang lama untuk dapat mengetahui  perbedaan waktu  akibat rotasi di  seluruh  penjuru dunia. Alat sederhana  ini sangat membantu sekali  menyelesaikan permasalahan di atas , para siswa sangat antusias untuk mengetahui perbedaan waktu seluruh dunia, semisal di negara  Inggris akan berlangsung pertandingan sepak bola,  kapan  kita  menonton  di layar televisi . Juga yang membutuhkan berkomunikasi dengan saudara yang sedang menunaikan ibadah haji  , dengan mudah segera bisa mengetahui saat yang paling tepat .  Sekarang kita tidak perlu menghitung secara rumit dan matematis  untuk mengetahui perbedaan waktu  di seluruh dunia akibat rotasi bumi , tinggal pasang  cakram  kemudian putar  pada  pasangan waktu dan letak kota  di garis  bujur tertentu,maka  akan terlihat   waktu dan garis bujurnya di seluruh dunia

Prihdiyatmi.S.Pd
Guru SMP N  I Slogohimo