Beranda Jateng Cek Vaksinasi, Ganjar Pastikan Vaksinasi Lansia di Jateng Sudah Berjalan

Cek Vaksinasi, Ganjar Pastikan Vaksinasi Lansia di Jateng Sudah Berjalan

13
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengecek vaksinasi terhadap lansia di Semarang. [Dok Humas Pemprov Jateng]

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk kalangan lanjut usia di provinsi setempat sudah berjalan secara bertahap.

“Hari ini kami prioritaskan pada pelayanan publik dan lansia. Sekali lagi, pelayanan publik dan lansia, jadi kalau ada lansia boleh diprioritaskan tetapi tolong yang lain antre dulu. Insyallah tidak lama lagi vaksin akan dikirim lagi agar kita bisa melakukan percepatan,” katanya setelah mengunjungi dua tempat vaksinasi, yakni Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama dan RSUD Tugurejo di Kota Semarang, Rabu.

Ganjar menyebutkan di beberapa tempat, seperti di Kabupaten Pati, vaksinasi juga sudah dilakukan di pasar, termasuk para lansia di pasar, demikian juga di Kota Surakarta yang memprioritaskan lansia.

“Kemarin para tokoh agama juga kontak ke saya minta dibantu. Dari sekian list yang masuk itu dipilih, mohon maaf kami bisa membantu, tetapi yang lansia dulu sehingga kemarin tokoh agama yang lansia bisa didahulukan. Kemarin sudah ada dari majelis ulama, Gus Mus juga sudah, ada biksu, romo, dan pendeta kami vaksin. Jadi urut-urutan prioritasnya itu,” ujarnya.

Sebanyak 3,2 juta orang lanjut usia di Provinsi Jawa Tengah menjadi prioritas penerima vaksin COVID-19 tahap kedua bersama pelayan publik sesuai dengan kebijakan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Terkait dengan hal itu, Ganjar meminta semua bupati/wali kota menjadikan prioritas vaksinasi untuk lansia mengingat sebelumnya program vaksinasi lansia awalnya hanya dilakukan di ibu kota provinsi. (fid/ant)