Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Crossword Puzzle Tingkatkan Minat Belajar Siswa

Crossword Puzzle Tingkatkan Minat Belajar Siswa

BERBAGI
Rr.Ani Kusumawati,S.Pd Guru SMP Negeri 1 Ngaringan Grobogan
Rr.Ani Kusumawati,S.Pd Guru SMP Negeri 1 Ngaringan Grobogan

GROBOGAN – Pembelajaran crossword puzzle  atau Teka Teki Silang adalah  salah satu metode pembelajaran aktif bagi peserta didik untuk berfikir saat pembelajaran berlangsung dengan mengisi teka teki silang sehingga peserta didik menjadi lebih antusias dalam mengikuti pelajaran.Saya sebagai guru sangat setujuapabila anda untuk menggunakan media ini untuk keperluan belajar siswa, bahkan  bisa dijadikan  sebagai tugas atau ulangan siswa.

TTS dikolaborasikan dengan media belajar siswa dan diaplikasikan dengan baik maka akan tercipta efek positif bagi anak didik kita.Mereka akan semakin giat untuk belajar serta bersemangat menjawab semua pertanyaan TTS yang sudah disediakan. Akhirnya mereka berhasil menjawab semua pertanyaan dan menguasai materi dengan baik. Pembelajaran crossword puzzle dapat diterapkan sebagai salah satu strategi di dalam pembelajaran seperti yang dikemukakan oleh Zaini ,2008 ; 71.

Pembelajaran croosword puzzle ini sangat cocok diterapkan pada materi yang bersifat teori yang berbentuk pengenalan alat maupun nama nama asing ,karena dalam pembelajaran ini siswa dilatih untuk mengingat , memahami serta mencocokkan kata sesuai nama dan fungsi alat sebagaimana yang dikemukakan oleh Cahyo, 2011 ; 63.

Berdasarkan pendapat para pakar di atas saya mencoba menerapkan metode TTS di SMP Negeri 1 Ngaringan, khususnya kelas IX materi mengenai Benua dan Samudera, karena  ini merupakan materi ini yang luas dan padat,saya sebagai guru IPS selalu mengalami banyak hambatan dalam menyampaikan materi ini ke siswa. Sebetulnya guru juga sudah menggunakan media peta, atlas maupun globe untuk memudahkan penyampaian materi Benua dan Samudera .Guru sudah memberikan gambaran  melalui peta , atlas dan globe dengan memberikan pertanyaan ,tugas mandiri, tugas kelompok agar materi ini lebih mudah diterima siswa.Namun siswa masih kurang begitu bersemangat untuk menyelesaikannya.Untuk itu guru mencoba mencari metode lain agar siswa bisa lebih mendalami dan ingin mencari lebih jauh tentang materi Benua dan Samudera. Salah satu metode yang cukup mengena adalah metode Teka Teki Silang dimana metode ini cukup dikenal siswa,sehingga siswa sudah mampu dan mengerti tahapan tahapan yang harus dikerjakannya.Mulai dari siswa yang mudah untuk memahami pembelajaran sampai yang kurang memahami pembelajaran dengan menggunakan metode TTS semua siswa menjadi bersemangat untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Siswa akan berusaha mencari jawaban satu persatu setiap nomer soal mendatar dan menurun .Dengan demikian siswa secara individu maupun berkelompok semakin mencari banyak informasi mengenai Benua  baik itu pengertian, bentang alam,iklim, flora fauna maupun penduduk masing –masing benua.Sedangkan untuk Materi Samudera siswa bisa mengetahui pengertian maupun karakteristik masing-masing samudera yang ada di dunia.

Soal-soal dibuat mewakili masing-masing sub bab materi Benua dan Samudera sehingga secara tidak langsung siswa akan membaca dan memahami setiap fenomena yang menarik dari benua dan samudera.Budaya lama yang terjadi pada setiap pembelajaran dimana siswa selalu menggantungkan jawaban pada temannya yang rajin sudah tidak terjadi lagi.

 

Guru disini sangat berharap semua siswa terlibat dalam memecahkan soal terkait materi Benua dan Samudera.Karena seringkali ketika masuk materi ini guru selalu mengalami banyak hambatan sehingga tujuan pembelajaran pada bab ini tidak bisa tercapai secara maksimal.Guru mencoba memberikan variasi metode pembelajaran yang berbeda agar permasalahan yang selama ini belum terpecahkan biasa teratasi dengan baik.Walaupun demikian tidak serta merta siswa hanya mengerjakan TTS saja namun masih ada penilaian ketrampilan yang lain juga masih dilakukan guru.Siswa diminta maju ke depan dengan menunjukkan kawasan atau wilayah Benua maupun Samudera yang ada di dunia disertai keadaan alam dan karakteristik yang lainnya. Karena beberapa tahun dewasa ini siswa dalam mempelajari IPS khususnya materi yang berkaitan dengan kawasan mengalami penurunan secara kualitas dimana anak zaman sekarang semakin sulit dan kurang bergairah untuk menentukan kawasan suatu daerah itu berada di benua mana.Untuk itu mata pelajaran IPS khususnya yang berkaitan dengan kawasan untuk lebih ditekankan tidak hanya pada penilaian pengetahuan saja tetapi juga untuk penilaian ketrampilan untuk lebih diberi muatan yang lebih banyak lagi. Seiring dengan perkembangan jaman now seorang guru harus mampu berinovasi dan mempunyai daya kreatifitas yang tinggi untuk bisa menentukan metode yang tepat pada setiap materi pembelajaran.Perkembangan teknologi mengenai kawasan tidak hanya melalui media peta, atlas dan globe saja namun bisa pula dengan media teknologi informasi melalui peta digital. Apalagi sekolah kami belum mempunyai sarana prasarana peta digital seperti halnya sekolah kami.Untuk itu metode TTS ini dapat digunakan sebagai strategi pembelajaran yang baik dan menyenangkan tanpa kehilangan esensi belajar yang sedang berlangsung.

Pada dasarnya teka teki silang merupakan kegiatan mengingat , mencari dan mencocokkan kata yang pas /tidak hanya sesuai dengan jawabannya tetapi juga jumlah kotak yang disediakan.Metode ini berguna untuk mempelajari pola pikir , pemikiran,system pendekatan serta pemecahan masalah secara umum. Jadi strategi pembelajaran croosword puzzle adalah suatu strategi yang menggunakan permainan TTS dalam pembelajaran aktif /Active Learning seperti yang dikembangkan oleh Melvin Silberman.

Dari pendapat para pakar di atas dan setelah diterapkan pada materi Benua dan Samudera  pembelajaran TTS mempunyai manfaat sebagai media pembelajaran; meningkatkan semangat belajar siswa, meningkatkan konsentrasi belajar siswa, Pertanyaan bisa dibuat banyak dan mencakup semua materi dan memberikan rasa penasaran siswa.

Rr.Ani Kusumawati,S.Pd

Guru SMP Negeri 1 Ngaringan Grobogan

BERBAGI