Beranda Jateng Pantura Barat Daya Tampung Penyeberangan ke Karimunjawa Diperketat

Daya Tampung Penyeberangan ke Karimunjawa Diperketat

BERBAGI

JATENGPOS.CO.ID, JEPARA – Daya tampung kapal penumpang yang melayani penyeberangan ke Pulau Karimunjawa, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, diperketat menyusul terjadinya sejumlah kasus kecelakaan laut yang dialami beberapa kapal penumpang.

“Sebetulnya, pengawasan daya tampung kapal sudah dilaksanakan sebelumnya. Hanya saja, adanya peristiwa kecelakaan kapal penumpang pengawasannya semakin dimaksimalkan,” kata Kabid Perhubungan Laut Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara Suroto di Jepara, Senin.

Bahkan, lanjut dia, setelah penjualan tiket kapal penumpang sesuai kapasitas muat kapal penumpang yang hendak diberangkatkan, maka loket penjualan tiket kapal penumpang langsung ditutup.

Hal itu, kata dia, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan ketika perjalanan menuju Karimunjawa.

Apalagi, lanjut dia, alat keselamatan yang tersedia di kapal juga disesuaikan dengan kapasitas penumpang yang bisa diangkut.

“Kalaupun ada warga Karimunjawa yang hendak pulang ke kampung halamannya, tentunya akan ada prioritas dengan tetap mempertimbangkan daya tampung maksimal kapalnya serta ketersediaan alat keselamatannya,” ujarnya.

Ia berharap semua pihak memahami pengetatan daya tampung tersebut karena demi keselamatan para penumpang maupun kru kapal.

Untuk saat ini, lanjut dia, terdapat tiga kapal penumpang yang beroperasi, yakni Express Bahari dan dua kapal cepat.

“Daya tampung dari masing-masing kapal, ada yang berdaya tampung 400 penumpang, 351 penumpang dan 260 penumpang,” ujarnya. (hfd/ant)

BERBAGI