Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Dengan Gambar Tingkatkan Menulis Teks Descriptive

Dengan Gambar Tingkatkan Menulis Teks Descriptive

25
Suhartini,S.Pd SMP Negeri 2 Penawangan Kab. Grobogan    
Suhartini,S.Pd SMP Negeri 2 Penawangan Kab. Grobogan    

“Bahasa Inggris”, aduh ,… pusing,…Mengapa harus ada Bahasa Inggris, bikin pusing saja, Itulah ungkapan yang sering di ucapkan kebanyakan siswa yang kurang suka dengan pelajaran Bahasa Inggris yang diajarkan oleh guru di sekolah,karena mereka berfikir kalau Bahasa Inggris itu tidak penting dan sangat sulit sekali, apalagi kalau disuruh menulis bahasa Inggris pasti sangat malas.

            Karena mereka merasa kurang mempunyai banyak vocab dan kurang mempunyai ide  – ide dalam menulis. Untuk itu penulis mencoba menerapkan berbagai metode untuk mempermudah siswa dalam menulis teks.

Pengertian menulis menurut ( Tarigan, tahun 1985 :2)  Menulis adalah menurunkan,menirukan atau melukiskan lambang –  lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang, sehingga orang lain tersebut dapat membaca lambang – lambang grafik tersebut , sehingga mereka dapat memahami bahasa dan gambarangrafik itu.

Teks descriptive adalah salah satu jenis teks yang pertama kali diperkenalkan pada siswa, mereka mulai mengenal strukture teks descriptive yaitu,  Identification (identifikasi) adalah pendahuluan, berupa gambaran umum tentang suatu topik.

Description (deskripsi) adalah berisi ciri-ciri khusus yang dimiliki benda, tempat, atau orang yang dideskripsikan. Misalnya sifat-sifat, tampilan fisik, dan hal lain yang dituliskan dengan spesifik. Menggunakan noun (kata benda) yang spesifik dan juga menggunakan adjective ( kata sifat ) untuk memperjelas benda atau kata benda yang dimaksud.

            Disini siswa dilatih menggunakan kata benda, kata kerja, dan kata sifat untuk menambah vocab dan menggali kemampuan siswa dan mengembangkan imajinainya. Setelah siswa mempunyai banyak vocab yang mereka kuasai, diharapkan siswa bisa merangkai kata kata tersebut menjadi kalimat.

Karena siswa merasa kurang mampu menyusun kalimat dan belum bisa mengembangkan imajinasinya, maka guru memberikan gambar dalam menyusun kalimat. Dari gambar tersebut mereka saling mengamati gambar tersebut dengan teliti dan dibuat dengan berkelompok, dari pengamatan tersebut siswa antusias dalam mencari ciri – ciri dari gambar yang disajikan oleh guru.

Walaupun pada awalnya siswa baru bisa mengumpulkan kata benda/ kata sifat dari gambar tersebut, paling tidak siswa sudah mulai tertarik dan bisa mengembangkan vocab yang mereka miliki, memang menghafalkan vocab bagi siswa itu sulit, tapi perlu dicoba dan dilatih berkali kali, karena bahasa itu perlu dilatih dan dipraktikkan.

            Menulis teks deskriptive menggunakan gambar memang terbukti  bisa meningkatkan kemampuan siswa dalan menyusun teks deskriptive,  karena dengan belajar menulis jika ada alat bantu gambar yang disajikan guru ini sangat inspiratif dan gagasan itu bisa muncul dari gambar tersebut.walaupun menulisnya masih sederhana, tapi sudah bisa mencipkan jenis teks descriptive.

            Adapun tujuan siswa meningkatakan ketrampilan menulis adalah bisa menumbuhkan kecerdasan siswa, karena dengan menulis bisa mengolah otak kita untuk selalu berfikir dan berfikir, mengembangkan kreatifitas siswa and inisiatifnya, menumbuhkan keberainian dan meningkatkan percaya diri serta mendorong siswa untuk memotivasi dirinya untuk menemukan dan mencari informasi yang mereka inginkan.

            Dari paparan diatas dapat kita simpulkan bahwa dengan gambar bisa meningkatkan ketrampilan siswa dalam menulis teks deskriptive dan bisa meningkatkan ilmu pengetahunnya dalam menyusun kata demi kata yang akhirnya tersusun menjadi kalimat dan jadilah paragrap dari hasil pengamatan gambar yang disajikan guru. Harapan penulis semoga pengalaman penulis ini bisa dijadikan rujukan untuk meningkatkan ketrampilan siswa dalm menulis teks deskriptive, dan gambarnya pun sesuai dengan tema yang akan disajikan kepada siswa, semoga bermanfaat, terima kasih.

Oleh

Suhartini,S.Pd

SMP Negeri 2 Penawangan

Kab. Grobogan