Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Dengan Kahoot Keberhasilan Pembelajaran Akan Tercapai

Dengan Kahoot Keberhasilan Pembelajaran Akan Tercapai

224
QAIRULI RUSDIA CANDRA JATMIKA, S.Pd.SD SD NEGERI SIDOREJO 01 BENDOSARI SUKOHARJO
QAIRULI RUSDIA CANDRA JATMIKA, S.Pd.SD SD NEGERI SIDOREJO 01 BENDOSARI SUKOHARJO

Langkah paling awal untuk menciptakan suatu pembelajaran yang berhasil adalah dengan menciptakan suasana pmbelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik. Pembelajaran bisa dikatakan menyenangkan jika anak dengan rela dan ikhlas menerima ilmu pengetahuan yang disampaikan oleh guru dengan perasaan gembira tanpa ada rasa tertekan dan terpaksa. Selama ini banyak anak-anak belajar dalam kondisi tertekan dan terpaksa, mereka merasa bahwa belajar itu berat dan membosankan. Sehingga ilmu yang disampaikan pun tidak terserap dengan baik, bisa dikatakan pula bahwa pembelajaran tidak berhasil.

Sebagai contoh dalam persiapan ujian atau ulangan, anak-anak harus banyak berlatih mengerjakan soal-soal. Ini semua untuk menunjang keberhasilan ujian atau ulangan tersebut. Akan tetapi, dengan puluhan soal-soal latihan yang setiap hari dikerjakan akan menimbulkan rasa bosan dan jenuh. Sehingga semangat anak-anak pun akan menurun, dan ini sangat berpengaruh terhadap keberhasilan ujian atau ulangan yang akan mereka hadapi nanti.

Bagaimana caranya kita bisa menghilangkan rasa bosan ketika berlatih mengerjakan soal-soal ujian atau ulangan? Salah satunya dapat menggunakan metode pembelajaran Game Kahoot.

Kahoot merupakan paltform learning games yang dapat dimanfaatkan untuk membuat game atau quiz interaktif. Kahoot dapat juga digunakan untuk diskusi maupun membuat survey. Kahoot tersedia dalam dua versi, yaitu for school dan For businesses. Para guru bisa memilih versi For School untuk membuat quiz interaktif secara gratis (www.sangpengajar.com)

Dan untuk bapak atau ibu guru, pembuatan soal-soal menggunakan kahoot ini tergolong mudah karena tidak  menggunakan koding-koding sebagaimana pembuatan program yang rumit, melainkan kita langsung bisa mengakses website kahoot di www.kahoot.com, menggunakan akun kahoot kita. Melalui website tersebut kita akan diarahkan pada menu-menu yang mudah dipahami. Dan semua itu jauh dari kata sulit dan rumit.

Dengan memanfaatkan kahoot dalam pembelajaran, tentu saja akan meningkatkan minat dan semangat anak dalam mengerjakan berbagai macam soal. Pada umumnya anak-anak akan merasa cepat bosan dengan soal-soal konvensional yang banyak di buku-buku pelajaran. Itu dikarenakan soal-soal tersebut secara tampilan terlalu sederhana dan kadang kurang menarik modelnya.

Contohnya anak-anak kelas 2 SDN Sidorejo 01 Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo, mereka akan cepat merasa bosan ketika mengerjakan soal matematika yang ada di buku. Kahot menampilkan soal-soal yang biasa saja, menjadi soal yang menarik untuk dikerjakan.

Dengan tampilan yang penuh warna dan menggunakan smartphone untuk pengerjaannya, itu akan menambah semangat dan motivasi anak. Sehingga mengerjakan soal terasa lebih menyenangkan dan jauh dari rasa bosan. Apalagi anak-anak zaman now sangat maju, mereka menguasai teknologi informasi, lebih cepat dari pada ayah dan ibunya, mereka akan antusias ketika dihadapkan dengan hal-hal yang berkaitan dengan teknologi baru. Dan yang lebih menyenangkan lagi kahoot menggunakan media smartphone yang semua anak-anak pasti tertarik. Ini semua akan meningkatkan semangat anak untuk mengerjakan soal-soal. Ketika semangat anak-anak untuk belajar ini tinggi, tingkat kesuksesan anak dalam mengerjakan ujian dan ulangan tentu akan meningkat, dan ini adalah salah satu faktor keberhasilan pembelajaran.

QAIRULI RUSDIA CANDRA JATMIKA, S.Pd.SD

SD NEGERI SIDOREJO 01

 BENDOSARI  SUKOHARJO