Beranda Pilkada Serentak 2018 Detik-detik Rohadi – Ida Batalkan Calon Tunggal di Pilkada Karanganyar

Detik-detik Rohadi – Ida Batalkan Calon Tunggal di Pilkada Karanganyar

BERBAGI
Pilkada 2018.

JATENGPOS.CO.ID, KARANGANYAR – Kejutan terjadi menjelang menit akhir perpanjangan pendaftaran calon bupati di Kabupaten Karanganyar. Pilkada yang semula diperkirakan diikuti calon tunggal, kini akan diikuti dua bakal pasangan calon.

Partai Gerindra yang mendukung Juliyatmono-Rober di hari terakhir masa pendaftaran pekan lalu, akhinya mencabut dukungan di menit-menit akhir masa perpanjangan. PKS dan Partai Gerindra kini mengusung Rohadi Widodo dan Ida Retno Wahyuningsih.

“Alhamdulillah, kemarin kita mendaftar di KPU pukul 23.40 WIB. Selesai pendaftaran pukul 02.00 WIB,” kata Ketua DPD PKS Karanganyar, Joko Tri Susilo, Rabu (18/1/2018).

Rohadi merupakan kader PKS yang saat ini menjabat Wakil Bupati Karanganyar. Sedangkan Ida diketahui merupakan pengusaha di bidang konstruksi dan persewaan alat berat.

“Ya namanya jodoh. Nggak tahu juga kenapa akhirnya ketemu Ida di last minute,” ujar Joko.

Menurutnya, Partai Gerindra memang siap mendukung PKS ketika sudah memiliki nama bakal pasangan calon. Komunikasi yang dijalin di tingkat pusat pun berhasil, meski di akhir waktu.

“Gerindra memang sejak awal siap mendukung jika PKS punya calon. Hasil lobi-lobi kita di pusat, memang masih memungkinkan Gerindra bergabung dengan kita,” katanya.

Dengan bergabungnya Gerindra dengan PKS, syarat minimal 20 persen kursi di DPRD Karanganyar telah terpenuhi. Dari 45 kursi, PKS memiliki 6 kursi dan Gerindra memiliki 4 kursi, sehingga melebihi syarat 9 kursi. (drh/udi)