Beranda Jateng Diapresiasi, Peserta Kampanye Copot APK

Diapresiasi, Peserta Kampanye Copot APK

123
MASA TENANG : Heru Cipto salah satu caleg mencopoti sendiri APK, ia berusaha taat aturan masa tenang tanpa APK
MASA TENANG : Heru Cipto salah satu caleg mencopoti sendiri APK, ia berusaha taat aturan masa tenang tanpa APK.

JATENGPOS.CO.ID, SUKOHARJO – Tidak semua partai politik atau calon legislative (caleg) mematuhi aturan masa tenang Pemilu 2019. Sesuai ketentuan, semua alat peraga kampanye (APK) harus bersih terhitung mulai Sabtu (13/4) tepat pukul 00.00 WIB. Dari pantauan di lapangan, Minggu (14/4), sejumlah wilayah Kabupaten Sukoharjo.

ingga sore hari, masih banyak APK berupa baliho dan spanduk caleg serta gambar capres – cawapres menghias ruas jalan, terutama daerah pinggiran kota. Hal tersebut membuat Bawaslu Sukoharjo bergerak bersama Satpol PP dan disertai anggota polisi bergerak melakukan pembersihan menyisir jalan di tiap kecamatan.

“Mulai tanggal 14 – 16 April adalah masa tenang. Seluruh peserta pemilu tidak boleh melakukan kegiatan yang berbau kampanye. Kami sebenarnya sudah menghimbau para caleg dan pengurus parpol untuk mencopoti. Tapi sepertinya belum seluruhnya dilepas. Maka kami melakukan pembersihan APK,” terang Komisioner Bawaslu Sukoharjo Divisi Penindakan Pelanggaran, Rochmad Basuki, di sela pembersihan APK hari Minggu kemarin.

Disebutkan Rochmad, dari operasi pembersihan APK bersama aparat gabungan yang dibagi menjadi 2 tim ini yakni Sukoharjo bagian selatan dan bagian utara. Hasilnya ratusan APK seperti bendera parpol, banner, spanduk hingga baliho besar dikukut. Rochmad juga mengapresiasi peserta kampanye baik itu Parpol maupun caleg yang tertib aturan, bersedia menurunkan APK milik masing-masing.

“Terpantau Sabtu malam sebelum kami melakukan pembersihan, banyak juga peserta kampanye yang membersihkan APK masing masing, kami mengapresiasi, ini menunjukkan sinergitas bahwa parpol dan peserta pemilu memahami aturan,” imbuhnya.

Rochmad juga mempersilahkan warga yang masih mendapati ada APK terpasang atau belum dicopot untuk melaporkan ke Bawaslu Sukoharjo, dan akan segera ditindaklanjuti. Seperti yang dilakukan Heru Cipto Nugroho salah satu Caleg DPR RI Dapil V, ia memimpin sendiri proses pembersihan APK miliknya yang sudah dimulai sejak Sabtu kemarin.

“Kami sudah mulai bergerak sejak kemarin sore bersama – sama warga lain yang kebetulan mereka ini relawan dan kader partai. Dari beberapa tempat yang sudah kami sisir jumlahnya APKnya cukup banyak, karena ada APK yang saya pasang sendiri maupun yang dipasang oleh tandem saya,” tukas Heru.

Pada Minggu pagi, Heru tidak canggung turun langsung bersama kadernya mencopoti APK miliknya, ia menyisir di sekitar perbatasan Sukoharjo hingga Klaten. (dea/bis/rit)