Beranda Sekolah Hebat Opini Guru Diciplinary Habit, Siapkan Mental Kinerja Peserta Didik Smk

Diciplinary Habit, Siapkan Mental Kinerja Peserta Didik Smk

BERBAGI
FR.R. Dewi Astika Indah Sintawati, ST Guru SMK Negeri 1 Gesi, Sragen
FR.R. Dewi Astika Indah Sintawati, ST Guru SMK Negeri 1 Gesi, Sragen

JATENGPOS.CO.ID,- Di dalam kehidupan manusia di dunia ini, sebagian berisi pelaksanaan kebiasaan-kebiasaan dan pengulangan kegiatan secara rutin dari hari ke hari. Di dalam kegiatan dan kebiasaan yang dilakukan secara rutin itu, terdapat nilai-nilai atau norma-norma yang menjadi tolok ukur tentang benar tidaknya atau efektif tidaknya pelaksanaannya oleh seseorang.

Seiring dengan laju pembangunan dewasa ini yang menyangkut semua bidang diantaranya bidang industri yang bertujuan untuk  meningkatkan  kesejahteraan  masyarakat,  sehingga  menuntut masyarakat  yang  pada  gilirannya  menjadikan  tenaga  kerja  ahli  dan  terampil  serta  memiliki  watak kepribadian  disiplin yang  tangguh. Kenyataan yang terjadi saat ini dunia pendidikan  berkaitan erat dengan dunia industri. Konsep  pendidikan  nasional  dewasa  ini  mengacu kepada penyiapan tenaga kerja siap pakai.

Peningkatan potensi peserta didik merupakan salah satu penekanan  dari  tujuan  pendidikan,  seperti yang tertuang dalam Undang Undang No.20 Tahun 2003 tentang tujuan Pendidikan Nasional Bab II Pasal 3. Jenis pendidikan formal yang bertujuan untuk menyiapkan tenaga kerja yang terampil adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) banyak diterima langsung  sebagai  tenaga  kerja  yang  dikarenakan  mereka telah memiliki keahlian khusus. Hal ini,sesuai dengan fungsi pendidikan  menengah kejuruan yang mengutamakan penyiapan peserta didik untuk memasuki lapangan kerja serta mengembangkan sikap profesional.

Lulusan  pendidikan  sekolah  menengah dalam mencari pekerjaan  di  industri  maupun  instansi  bukanlah  masalah yang mudah  diatasi. Sempitnya  lapangan  kerja  yang tersedia diikuti dengan semakin besar angkatan kerja yang menginginkan  pekerjaan itu mengakibatkan sulitnya mendapat pekerjaan. Di dunia kerja/industri untuk menjadi tenaga kerja yang berkualitas, tidak hanya  dibutuhkan  keterampilan  teknik saja tapi yang tidak kalah penting adalah kedisiplinan serta kesiapan mental kerja peserta didik dalam memasuki dunia kerja. Dengan disiplin peserta didik dapat memiliki pribadi yang di percaya dan akan di senangi oleh orang sekitarnya.

Diciplinary Habit di canangkan salah satunya adalah untuk mempersiapkan mental kerja peserta didik ketika nanti lulus dan bersaing dalam memasuki dunia kerja. Kedisiplinan peserta didik di  sekolah  membentuk  kematangan  social peserta didik yakni dengan membangun dan melatih kepribadian peserta didik  agar memiliki  sikap, perilaku dan pola kehidupan yang baik, serta kuat dalam menghadapi rintangan dan liku-liku hidup.

Diciplinary Habit sebagai usaha sekolah untuk memelihara perilaku peserta didik agar tidak menyimpang dan dapat mendorong peserta didik untuk berperilaku sesuai dengan norma, peraturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah. Kesadaran pentingnya norma, aturan, kepatuhan  dan ketaatan merupakan prasyarat kesuksesan seseorang. Disiplin menjadi  prasyarat  bagi pembentukan sikap, perilaku dan tata kehidupan berdisiplin yang akan  mengantar seorang peserta didik sukses dalam belajar dan kelak ketika bekerja.

Diciplinary Habit yang dicanangkan sejak dini, peserta didik SMK sebagai calon tenaga kerja dibekali dengan penanaman sikap mental yang baik pada dirinya, terutama dalam pembinaan etos kerja. Dengan disiplin, penuh  kesadaran, ketaatan dan kesetian dalam melaksanakan tugas dan kewajiban yang dibebankan kepadanya, seseorang yang memiliki disiplin tinggi tidak akan merasa terpaksa dalam melaksanakan tugasnya. Dengan tujuan agar setiap individu memiliki disiplin jangka panjang, yaitu disiplin yang tidak hanya didasarkan pada kepatuhan terhadap aturan atau otoritas, tetapi lebih kepada pengembangan kemampuan untuk mendisiplinkan diri sendiri sebagai salah satu ciri kedewasaan individu sehingga kesiapan mental untuk memasuki dunia kerja bisa terbentuk.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa Diciplinary Habit akan membawa tamatan SMK sebagai calon tenaga kerja tingkat menengah, mampu memenuhi tuntutan kesiapan mental kerja yang memiliki tingkat keterampilan yang sesuai,  mental yang baik, fisik yang prima dan disiplin  serta etos kerja yang tinggi.

FR.R. Dewi Astika Indah Sintawati, ST

Guru  SMK Negeri 1 Gesi, Sragen

BERBAGI