Beranda Hiburan Difabel Tak Halangi Yohana X Factor Raih Sarjana UB

Difabel Tak Halangi Yohana X Factor Raih Sarjana UB

BERBAGI

JATENGPOS.CO.ID, MALANG – Keterbatasan fisik tidak menjadikan finalis ajang pencarian bakat X-Factor Indonesia Yohana Febrianti Hera patah semangat. Penyandang difabel yang memiliki kekurangan dalam penglihatan itu berhasil meraih gelar sarjana di Universitas Brawijaya (UB) Malang.

Yohana Febrianti Hera menjadi salah satu wisudawati berprestasi UB Malang dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Budaya (FIB) yang diwisuda di Gedung Samantha Krida UB Malang, Jawa Timur, Sabtu.

Yohana diterima sebagai mahasiswa UB pada 2012 melalui jalur Seleksi Program Khusus Penyandang Disabilitas.

“Karena ada Pusat Studi dan Layanan Disabilitas (PSLD), kami yang memiliki kekurangan fisik ini tetap bisa kuliah seperti teman-teman lain. Kami juga anak bangsa. Terima kasih Universitas Brawijaya”, kata Yohana saat memberikan kata sambutan kesan dan pesan wisudawan.

Selama berkuliah di UB, Yohana menorehkan prestasi di bidang seni tarik suara. Ia adalah salah satu finalis X Factor Indonesia yang akhirnya mengorbitkan namanya dan dikenal sebagai Yohana X Factor.

Sementara itu, Rektor UB Prof Muhammad Bisri mengapresiasi prestasi Yohana, baik akademik maupun nonakademik. “Saya tekejut, dengan kondisi kesehatannya sebagai difabel, Yohana bisa menyelesaikan kuliahnya. Selain berupaya menyembuhkan matanya, ia juga semangat menyelesaikan pendidikannya,” kata Bisri.

Bisri berharap penyandang difabel dapat diterima bekerja sesuai dengan bidangnya. “Sekarang mulai ada pegawai difabel di Kementrian. Sekarang masyarakat maupun perusahaan sudah cukup sadar akan keberadaan kaum difabel yang juga memiliki kemampuan layaknya orang kebanyakan (normal),” ujarnya. (drh/ant)