Beranda Jateng Digelar Secara Daring, Rektor Lepas 625 Mahasiswa KKN UVBN Sukoharjo

Digelar Secara Daring, Rektor Lepas 625 Mahasiswa KKN UVBN Sukoharjo

13
Rektor UVBN Sukoharjo Ali Muryid WM membuka dan melepas KKN periode 2020/2021 secara daring.
JATENGPOS.CO.ID, SUKOHARJO – Universitas Veteran Bangun Nusantara (UVBN) Sukoharjo secara resmi membuka dan melepas 625 mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode 2020/2021 dengan gelar upacara secara daring (dalam jaringan).

KKN ditengah pandemi Covid-19 tahun ini disebut Rektor UVBN Prof Ali Mursyid merupakan KKN periode spesial lantaran para mahasiswa peserta KKN menjalankan program secara individu dengan lokasi di lingkungan tempat tinggal masing – masing.

“Jadi KKN tahun ini mengakomodir kondisi pandemi Covid-19, tetapi agar terhindar dari virus dalam proses akademiknya, mahasiswa menjalankan KKN dari rumah, lingkupnya mereka akan berkarya di tingkat RT/RW masing-masing,” terang Prof Ali, usai membuka pelaksanaan KKN, Selasa (28/7/2020).

Dijelaskan, konsep KKN kali ini mengedepankan prosedur protokol kesehatan dengan tidak menonjolkan pembauran kontak fisik antara mahasiswa dengan masyarakat di masing – masing lokasi.

Ketua KKN UVBN, Jatmiko menambahkan, bahwa tahun ini merupakan periode pelaksanaan KKN yang paling sulit karena pihaknya harus mendesain program, menyesuaikan dengan kondisi lapangan sesuai protokol kesehatan.

“Maka tema KKN kali ini mengenai meningkatkan produktivitas masyarakat di masa pandemi Covid-19 dengan durasi pelaksanaan selama 45 hari,” terangnya.

Menurut Jatmiko, peserta KKN tersebar di hampir semua provinsi di Indonesia dengan peserta terjauh berada di Papua. Mereka  akan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari masing – masing Program Studi (Prodi).

“Kalau dulu (sebelum pandemi Covid-19) kan tidak ada DPL, nah sekarang biar lebih mudah dalam mengkoordinir maka masing – masing prodi ada DPL,” ujarnya.

Yang membedakan KKN dimasa pandemi dengan KKN sebelumnya, disampaikan Jatmiko adalah mahasiswa peserta KKN diwajibkan membuat laporan dua kali dalam satu minggu, tentang aktivitas tema KKN yang sedang dijalankan.

“Endingnya nanti, pada akhir program, mahasiswa diminta membuat video kreatif sebagai bentuk laporan dari KKN periode ini. Video kreatif dari peserta KKN ini akan dilombakan dengan diambil 37 video terbaik untuk mendapatkan hadiah,” pungkasnya. (Dea/bis)