Beranda Jateng Dishub Solo Lakukan Ramp Check Angkutan Lebaran

Dishub Solo Lakukan Ramp Check Angkutan Lebaran

BERBAGI
Petugas melakukan uji laik kendaraan Mudik Lebaran 2018 (foto: Antara)

JATENGPOS.CO.ID, SOLO – Petugas Dinas Perhubungan Kota Surakarta melakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan (ramp check) di sejumlah garasi perusahaan otomotif angkutan massal bus di Kota Solo, Selasa, menyambut arus mudik dan balik Lebaran 2018.

Kegiatan “ramp check” armada bus yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pengujian Dishub Surakarta Anindita Prayoga pertama menuju ke Garasi OP Mulyo Indah di Banyuanyar Kecamatan Banjarsari Solo.

Sejumlah bus yang dipersiapkan untuk angkutan Lebaran telah dicek seluruhnya oleh petugas Dishub untuk memastikan setiap armada sudah laik jalan dan aman digunakan untuk angkutan pemudik.

Petugas setelah di PO Mulyo Indah dilanjutkan ke PO Rajawali, Rosalia, Muncul, dan di Terminal Tironadi Solo. Menurut Kabid Pengujian Dishub Surakarta, Anindita Prayoga, petugas Dishub sengaja mendatangi setiap pul atau garasi PO untuk melakukan “ramp check” guna memastikan kondisi armada laik digunakan untuk angkutan penumpang baik saat mudik maupun balik.

“Kami sengaja jemput bola mendatangi garasi-garasi bus, untuk mengantisipasi angka kecelakaan Lebaran ini,” kata Anindita.

Selain itu, pihaknya juga menggelar “ramp check” di Terminal Tipe A Tirtonadi Solo yang diperkirakan masuk ribuan bus baik dari Jakarta maupun Surabaya (Jatim) setiap harinya.

Dia mengatakan kegiatan pengecekan armada bus antara lain kelengkapan surat kendaraan, uji KIR, standar keamanan, dan keselamatan armada seperti alat wiper, lampu, rem, kondisi ban, palu pemecah kaca, serta aspek keselamatan lain.

“Kami setelah pengecekan armada dan dipastikan laik jalan, maka bus direkomendasikan dengan menempelkan stiker sebagai tanda aman dinaiki,” katanya. (hfd/ant)

BERBAGI