Beranda Jateng Disiapkan untuk Pemudik, Pengerjaan Jembatan Kalikuto Dikebut

Disiapkan untuk Pemudik, Pengerjaan Jembatan Kalikuto Dikebut

BERBAGI

JATENGPOS.CO.ID. KENDAL– Hingga saat ini progres pengerjaan proyek jalan tol Semarang-Batang telah mencapai 75,4 persen. Pemerintah optimis dari capaian kerja tersebut, jelang arus mudik jalan tol Semarang-Batang sudah dapat dilalui para pemudik dengan status fungsional.

Demikian dikatakan Menteri PUPR Basuki Basuki Hadimuljono saat melakukan monitoring pembanguna jalan tol di jembatan Kalikuto Desa Sambongsari Kecamatan Weleri yang merupakan wilayah perbatasan antar dua kabupaten, Sabtu (14/4).

“Jika jembatan Kalikuto ini sudah tersambung, kami yakin dan optimis seluruh lintasan jalur jalan tol trans Jawa seperti di Semarang-Batang ini nantinya bisa dilewati arus mudik lebaran 2018,” katanya.

Basuki menjelaskan, jembatan Kalikuto yang merupakan penghubung antar dua kabupaten yakni Kendal dan Kabupaten Batang ini nantinya akan dipasang rangkaian besi baja. Rangkaian itu akan dibuat melengkung dan dipasang plat baja.

“Sehingga saat arus mudik tiba, akses jalan tol Semarang-Batang secara keseluruhan sudah bisa tersambung dan bisa dilalui para pemudik. Sebab jembatan Kalikuto ini merupakan titik kritis, makanya dipasang rangka baja lengkung yang disangga kawat baja,” terangnya.

Dia menyebutkan, pemasangan rangka baja lengkung di jembatan Kalikuto itu akan dilaksanakan pada minggu ketiga bulan April 2018. Adapun jembatan besi itu, dipesan di tiga wilayah yakni di Serang, Tangerang dan Pasuruan.

“Harapannya seluruh pengerjaan jalan tol Semarang-Batang sudah bisa tersambung. Terlebih jika jembatan besi di Kalikuto sudah terpasang dan tersambung, maka pemerintah lebih yakin dan semakin optimis arus mudik lebaran 2018 nanti tidak ada kendala,” lanjut Basuki.

Sementara itu, untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas Polda Jawa Tengah berupaya melakukan rekayasa arus lalin disejumlah titik. Pihak Dirlantas Polda Jateng akan fokus pada titik-titik kepadatan dengan mendirikan pos terpadu. (via/sgt)

BERBAGI